3 Alasan Bersepeda Populer Banget di Belanda

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Bersepeda jadi tren gaya hidup yang lumayan populer sejak pandemi. Sejak tren bersepeda rame di Indonesia pelan-pelan ada sedikit pergeseran dari bersepeda itu sebagai olahraga sekarang malah jadi bagian gaya hidup sehat.

Tren itu jelas bagus. Selain menyehatkan dia juga ngurangin polusi dan kemacetan. Belanda itu contoh terbaik negara yang pake sepeda dalam keseharian mereka. Kalau kamu belum denger, di Belanda itu jumlah sepedanya lebih banyak dari penduduknya, Genks. Dari 17 juta manusia di sana, ada 18 juta sepeda. Saking enaknya bersepeda di sana, sepeda bahkan udah jadi salah satu alat transportasi utama.

Kalau kamu berharap itu juga kejadian di Indonesia, bentar dulu Genks. Ada banyak faktor yang bikin Belanda jadi negara paling ramah buat pesepeda.

Sepeda itu murah

Di Belanda dan negara-negara Eropa lainnya, pajak kendaraan bermotor itu lumayan banget nilainya. Belum lagi biaya parkirnya. Biaya parkir di Belanda itu mahal banget, Genks. Bahkan salah satu yang termahal di dunia. Biaya parkir per jam di Amsterdam itu bisa sampai 6 euro alias nyari Rp100 ribu! Belum lagi harga bahan bakar dan ongkos perawatannya. Selain transportasi umum, sepeda adalah opsi terbaik warga Belanda.

Kondisi geografi mendukung

Kamu yang pernah sepedaan pasti ada kalanya males pas tau ada rute menanjaknya. Nah di Belanda beda. Di sana jalannya datar dan ga berbukit-bukit. Itu sebabnya orang-orang di sana lebih gampang milih sepedaan ketimbang naik kendaraan lain. Toh jalannya pun nyaman. Apalagi lagi di sana cuacanya ga tipikal tropis yang panas lembab kayak di sini.

Didukung full pemerintah

Saking gandrungnya orang Belanda sama sepeda, pemerintah mereka pun ngeresponnya dengan bikin fasilitas pendukung yang oke banget buat pesepeda. Lajur khusus ada, kantong parkir sepeda ada, dan banyak lagi. Bahkann pada 2019 lalu, pemerintah Belanda sempet bikin wacana buat kasih tunjangan buat orang-orang yang kerja pakai sepeda. Menurut pemerintah, orang yang pakai sepeda masih kurang jadi perlu dikasih insentif.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Event
About Us
Join Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin