3 Cara Ampuh Terhindar Kena Hack

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Ga enaknya hidup di jaman segala kebutuhan bisa diakses secara digital adalah risiko kena hack. Kalo kamu ga ngerti sama sekali cara mengamankan, bisa dibilang kemungkinan kamu bakal kena hack cukup gede.

Apalagi kalo di akun email dan media sosial kamu banyak file penting kayak tugas kampus atau kerjaan project kantor. Tanpa tindakan pencegahan, bisa lenyap semua deh. Masalahnya cara-cara hacker pun tiap hari makin kreatif. Makanya kamu seenggaknya tau cara mencegah kejadian jelek kayak gitu. GueMuda merangkum 3 langkah utama untuk mengurangi risiko kena hack.

1. Pakai Two-Factor Authentication

Kalau password disebut kunci sebuah akun, maka autentikasi tambahan ini adalah kunci kedua. Metode ini ngebantu kamu agar login lebih aman. Soalnya akan ada kode tambahan yang dikirim kamu via SMS atau email setelah login. Tapi daripada via SMS atau email, bakal lebih aman kalo kamu pakai otentikasi dari aplikasi khusus. Nanti aplikasi khusus otentikasi itu bakal bikinin kode khusus tiap kamu mau login Nah mulai sekarang buruan deh aktifkan opsi two-factor authentication di aplikasi chat, medsos, dan email kamu.

2. Pakai Password Manager

Hacker makin jago, masa kamu masih pakai password tanggal ultah? Sekarang kamu udah wajib pasang password yang rumit di akun-akun penting kamu. Tapi, gimana bisa ingat kalo dibikin serumit mungkin? Ada namanya password manager.

Di aplikasi itu, kamu bisa bikin password unik yang cukup rumit dan menyimpannya. Biasanya di satu aplikasi password manager kamu bisa nyimpen banyak banget username dan password dari akun-akun yang kamu punya. Jadi, nanti kamu tinggal ingat satu password aja untuk buka si aplikasi password manager.

3. Waspada dan Skeptis

Hacker itu cuma punya dua metode, nyerang kelemahan sistem program atau nyerang manusianya. Kasus hack lebih sering nyerang yang kedua. Istilah kerennya social engineering. Nah ini yang mesti kamu ingat karena serangan phishing dan manipulasi lainnya banyak banget bermunculan lewat chat WhatsApp, email, atau bahkan SMS. Jadi sarannya satu aja. Kalo ada seseorang yang kamu ga kenal tiba-tiba ngirim sesuatu yang ga jelas, mending abaikan. Karena satu klik aja bisa bikin kamu berisiko.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Trending
Event
Contact Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin