3 Cara Mengurangi Capek Akibat Terlalu Lama Pakai Zoom

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Pandemi mengubah banyak banget aspek kehidupan. Saking gedenya perubahan di keseharian kita, udah ga terhitung apa aja yang udah kita lakukan agar tetap berkegiatan yang aman di era pandemi ini.

Video conference lewat Zoom jadi yang paling menonjol. Gimana enggak, hampir semua pertemuan tatap muka diganti sama aplikasi satu ini. Sekolah pakai Zoom, kerjaan pakai Zoom, ngobrol dengan keluarga pun jadi pakai Zoom. Makanya ga heran banyak orang yang kecapekan karena terlalu lama nge-Zoom, istilahnya zoom fatigue.

GueMuda punya beberapa tips nih buat kamu yang udah cepet lelah karena harus nge-Zoom tiap hari.

Mata harus istirahat

Mata jelas jadi bagian tubuh paling lelah selama kamu buka Zoom, apalagi kalau kamu masih sekolah atau kuliah yang bisa berjam-jam mantengin layar. Selain faktor radiasi dari gadget, mata kamu yang terus-terusan terkonsentrasi ke satu titik dalam waktu yang sangat lama bisa bikin capek kamu lebih intens.

Untuk mengakali zoom fatigue ini kamu bisa coba metode 20-20-20. Metode ini mengharuskan kamu beralih pandangan ke objek lain yang berjarak 20 kaki (6 meter), selama 20 detik, di setiap 20 menit. Cara lainnya, kamu bisa matikan video kalo ga diperlukan.

Gerakkan badan

Ini wajib banget kamu lakukan ketika kamu lagi di tengah pertemuan yang durasinya panjang. Tubuh ga boleh diem terlalu lama karena bisa kaku, lelah, dan stres. Disarankan banget tiap beberapa saat kamu melakukan peregangan badan. Tubuh yang terus bergerak ngebantu melepas hormon endorfin yang berfungsi meredakan stres dan sakit.

Kurangi kontak mata

Ini bakal bermanfaat buat kamu yang terbiasa Zoom dengan orang banyak sekaligus. Jurnal berjudul Technology, Mind, and Behavior dari Jeremy Bailenson bilang stres bisa muncul karena diliat banyak orang selama Zoom. Dia menyarankan kamu ngecilin jendela Zoom aja biar ngurangin efek terintimidasi itu.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Trending
Event
Contact Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin