3 Catatan Memulai Usaha Waralaba

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta –  Memulai usaha bisa dilakukan dengan cara waralaba atau franchise. Namun tentu saja, membangun usaha waralaba butuh modal besar dan jitu melihat peluang.

Selain itu, dalam memulai bisnis waralaba, pelaku usaha juga perlu melihat minat, kebiasaan masyarakat dan peluang agar bisnis yang dihadirkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, bahkan menjadi solusi kehidupan sehari-hari.

Tjoek Widharyoko, CMO PT Otewe Maju Bersama Melalui sesi bincang ShopeePay Talk memaparkan setidaknya ada tiga langkah yang bisa kita lakukan dalam membangun usaha waralaba. Di antaranya;

  • Bisnis waralaba memperluas jangkauan produk agar dekat dengan pelanggan 

Untuk dapat terus berkembang dan memperluas jangkauan bisnis, pemilik usaha harus terus melakukan inovasi pada produk dan layanan yang sesuai dengan tren yang ada dan kebutuhan konsumen. Melalui bisnis waralaba, pemilik usaha dapat membangun jaringan bisnis dengan waktu yang relatif singkat namun dengan modal, risiko dan investasi SDM yang minim

  • Perhatikan beberapa aspek penting untuk masuk ke ranah waralaba: modal, risiko, SDM, dan teknologi pendukung

Menekuni bisnis waralaba perlu memperhatikan beberapa aspek, yaitu mempersiapkan modal yang merupakan penggerak utama, meminimalisir risiko yang mungkin terjadi, memilih SDM yang sesuai kriteria, serta memanfaatkan teknologi seperti pembayaran digital yang cashless dan contactless.

  • Bangun sistem pengelolaan franchise yang sederhana dan konsisten

Sistem waralaba dibutuhkan untuk memiliki standar kualitas produk dan layanan yang sama di setiap gerai walaupun dikelola oleh pelaku usaha yang berbeda. Dengan begitu, bisnis waralaba akan lebih mudah dipahami dan dijalankan oleh para pelaku usahanya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Trending
Event
Contact Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin