3 Jenis Kredit untuk Modal Usaha Berbunga Murah

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Pelaku usaha pemula perlu tahu berbagai jenis pinjaman kredit yang ditawarkan lembaga pembiayaan atau pun perbankan. Apalagi bagi yang memulai usaha dengan modal minim.

Kehadiran beragam jenis kredit ini tentu saja dapat membantu pelaku usaha untuk mengembangkan bisnisnya. Tapi tentu saja, untuk mendapatkan kredit dari perbankan perlu memenuhi berbagai persyaratan.

Oleh karena itu, banyak pihak selalu menyarankan agar pelaku usaha memiliki rekening atau tabungan usaha yang terpisah dengan rekening pribadi. Selain itu, penting juga pelaku usaha untuk membuat laporan keuangan.

Apa saja sih kredit yang bisa didapatkan pelaku usaha?

Kredit tanpa agunan (KTA)

Kredit tanpa agunan adalah kredit yang diberikan bank dalam bentuk uang tunai, yang dapat diperoleh tanpa memberikan agunan. Kredit ini cukup popular di kalangan pelaku usaha kecil.

Selain karena persyaratannya mudah, kredit tanpa agunan juga menawarkan bunga rendah berkisar 1% per bulan.

Kredit usaha rakyat (KUR)

KUR adalah fasilitas kredit atau pembiayaan modal kerja dan/atau investasi kepada pengusaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan koperasi yang produktif dan layak namun belum memiliki agunan tambahan atau agunan tambahan belum cukup.

KUR ini bisa didapatkan pelaku usaha dari bank-bank milik pemerintah. Selain itu, bunga KUR juga terbilang rendah. Sejak pandemi Covid-19, pemerintah membersikan subsidi bunga KUR sehingga bunga yang dibebankan kepada nasabah hanya sekitar 3% per tahun saja.

Kredit modal kerja (KMK)

Untuk kredit yang satu ini, pelaku usaha  harus menjalankan usahanya minimal selama 1 tahun. KMK bermanfaat bagi pelaku usaha yang ingin mengembangkan usahanya menjadi lebih besar.

Sama seperti KTA dan KUR, bunga KMK juga terbilang cukup rendah berkisar 7%-8%. Hanya saja KMK juga merupakan kredit yang berkarakter jangka pendek atau maksimal 1 tahun.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Trending
Event
Contact Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin