3 Jenis Paspor yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Travelling ke Luar Negeri

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Liburan akhir tahun udah berakhir nih. Tapi jangan bersedih, Genks. Ini justru waktu yang tepat untuk mulai nyiapin rencana liburan selanjutnya. Barangkali rencana liburan kamu nanti ke luar negeri, ada baiknya dimulai dengan cek paspor.

Pada dasarnya paspor berisikan identitas lengkap yang diantaranya ada foto, nama lengkap, jenis kelamin, tempat dan tanggal lair, serta informasi lain kayak nomor paspor, tanggal penerbitan, dll. Kurang lebih paspor ini sama aja seperti kartu identitas lain kayak KTP dan SIM. Cuma waktu dan tempat penggunaannya aja yang beda. Paspor jadi benda paling penting yang kamu bawa saat mau ke luar negeri.

Ada baiknya kamu tau dulu tentang beberapa jenis paspor yang ada. Mengtip Direktorat Jenderal Imigrasi, ini jenis-jenis paspornya:

Paspor Diplomatik

Paspor ini diterbikan guna kebutuhan diplomatik atau penempatan yang berada di luar wilayah Indonesia. Paspor ini cukup sakti karena pemegangnya dijamin dapat perlakuan khusus di negara lain. Contohnya seperti bepergiain ke 199 negara tanpa visa, bebas pemeriksaan, punya saluran diplomatik bandara, dan bebas pajak perjalanan darat & udara.

Paspor Dinas

Paspor ini dikeluarkan untuk melakukan perjalanan ke luar wilayah Indonesia dalam rangka penempatan atau perjalanan dinas yang ga bersifat diplomatik. Paspor ini diterbitkan oleh menteri luar negeri.

Paspor Biasa

Paspor ini diterbitkan oleh pihak Imigrasi yang ditunjuk dan diterbitkan untuk warga Indonesia. Paspor tipe ini cuma berlaku selama 5 tahun. Seluruh warga Indonesia bisa memperoleh paspor jenis ini.

Tapi perlu diinget, syarat administrasi untuk bisa pergi ke luar negeri ga hanya paspor aja, tapi juga visa untuk memasuki negara-negara tujuan kamu. Jadi kalau kamu ingin pergi ke Eropa, Amerika, atau Australia maka kamu mesti memenuhi syarat administrasi mereka.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Trending
Event
Contact Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin