5 Alasan Router Internet Rumah Sering Lemot

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Ilustrasi router WiFi

GUEMUDA.COM, Jakarta – Internet sekarang udah jadi kebutuhan pokok terutama buat mereka yang tinggal di perkotaan. Kerjaan kantor, tugas sekolah, ngegame, semua butuh internet. Tiap internet rumah kena gangguan rasanya tuh gemes banget.

Ada banyak alasan internet rumah kamu ngalamin gangguan. Yang pasti, salah satu kemungkinannya ada di router internet. Jadi kalo kamu pikir internetnya bermasalah, mungkin aja itu karena router kamu ga berfungsi normal.

WiFi di lantai

Prinsip kerja router ga beda jauh dengan pemancar dan penerima sinyal lain. Lebih tinggi dia berada, lebih bagus kinerjanya. Jadi sebuah kesalahan besar kalo kamu meletakkan router di tempat yang rendah, terutama di lantai. Ini sama aja nyuruh internet kamu melaju dengan kecepatan rendah.

Terlalu jauh

Selain ketinggian router, titik lokasi jadi penyebab utama router kadang ga berfungsi dengan baik. Jangan sampai kamu sering berkegiatan di ruang A, tapi malah naroh router di ruang B.

Dekat dengan elektronik lain

Ada alasannya kamu jarang ngeliat router diletakkan berdekatan dengan barang elektronik lain. Mungkin kamu tau tiap barang elektronik itu menghasilkan gelombang elektromagnetik sendiri. Meletakkan router di satu tempat yang sama dengan TV, microwave, dll, bukan langkah yang tepat karena bisa menghalangi router menangkap sinyal internet dengan baik.

Ruang tertutup

Namanya sinyal, meskipun dia bergerak di udara, dia tetap punya keterbatasan. Router ga akan bisa dapet sinyal internet kalo dia diletakkan di ruangan tertutup. Sebisa mungkin bikin kamar kamu seaksesibel mungkin dari jangkauan sinyal internet rumah.

Dekat jendela

Ini juga sepertinya ga banyak orang yang tau. Semakin dekat dengan jendela, semakin besar kemungkinan sinyal internet yang ditangkap oleh router kamu malah lemot. Itu karena WiFi akan mengirim sinyalnya juga ke luar jendela atau dengan kata lain sinyal terbagi dua.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Event
About Us
Join Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin