4 Gerakan Dasar Olahraga Voli

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Kamu tau olahraga voli kan? Olahraga yang sering banget jadi pilihan di pelajaran olahraga kelas itu. Walaupun cukup banyak yang tau, voli ini emang ga sepopuler sepak bola dan bulutangkis di Indonesia. Tapi ada alasan kenapa olahraga ini mudah dan seru banget untuk dimainkan sehingga sering jadi pilihan sekolah kamu untuk diajarkan.

Voli dimainkan oleh dua tim dengan masing-masing berisi 6 pemain. Ada 4 peran penting dalam satu tim yaitu tosser (atau setter), spiker (smash), libero, dan defender (pemain bertahan). Tosser atau pengumpan ini orang yang tugasnya untuk mengumpan bola kepada teman satu tim dan ngatur jalannya permainan. Spiker adalah penyerang utama yang tugasnya untuk memukul bola agar jatuh di daerah pertahanan lawan. Sementara itu, libero adalah pemain bertahan utama yang bisa bebas keluar-masuk tetapi ga boleh melakukan smash. Terakhir, defender adalah pemain yang bertahan untuk menerima serangan dari lawan.

Untuk bisa memainkan permainan ini ada beberapa teknik dasar yang mesti kamu ketahui.

Servis

Servis adalah gerakan dasar yang memulai jalannya pertandingan voli. Gerakan ini bisa menentukan alur permainan bahkan bisa mencetak poin. Beberapa jenis servis yang bisa kamu latih adalah servis tangan atas, servis tangan bawah, tennis servis, dan floating servis.

Passing

Ini gerakan wajib yang kamu harus kuasai saat bermain voli. Tanpa gerakan ini tim ga akan bisa mengoper dan menyusun serangan untuk mencetak poin. Gerakan ngoper ini juga kelihatannya gampang banget tapi sebenernya ga juga. Terutama ketika kamu harus balikin smash lawan tapi sebisa mungkin bisa diterima oleh rekan setim.

Smash (spike)

Smash di voli adalah gerakan pukulan yang keras ketika bola berada di atas jaring untuk memasukkan bola ke daerah lawan. Selain kekuatan pukulan, posisi, tolakan, timing, dan bahkan pendaratan harus diperhatikan oleh para spiker.

Blocking

Teknik ini merupakan suatu pertahanan guna membendung bola dari serangan lawan agar lawan tidak mendapatkan poin. Kalau sudah jago, dengan blocking aja tim bisa menambah poin karena bola yang ditahan jatuh di area tim lawan.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Event
About Us
Join Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin