4 Langkah Meninjau Ulang Investasi Secara Tahunan

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Tahun 2021 sudah berlalu, bagaimana hasil investasi kamu? Jika belum untung maksimal, atau bahkan malah merugi, yuk persiapkan kembali strategi investasi untuk tahun 2022 ini.

Setiap memutuskan untuk investasi, review secara tahunan wajib dilakukan. Dengan cara ini, kita bisa memperbaiki kesalahan-kesalahan yang membuat hasil investasi kita tidak memuaskan.

Apa saja yang perlu kita lihat?

Produk investasi

Kita perlu lihat kembali apakah produk investasi yang dipilih benar-benar cocok atau tidak. Dalam hal ini, kurangi porsi dana kita pada produk yang kurang memberikan keuntungan.

Setelah itu, alihkan ke produk investasi yang paling dirasa memberi banyak keuntungan. Tetap usahakan ada diversifikasi agar tidak terfokus pada satu produk investasi saja.

Tujuan investasi

Kembali pada tujuan investasi menjadi pedoman penting dalam prinsip berinvestasi. Sejauh mana tujuan investasi kita tercapai.

Jika masih jauh dari tujuan investasi, terus investasi secara berkala. Pelajari kembali risiko-risiko yang akan dihadapi.

Persentase keuntungan/kerugian

Dari tujuan investasi, kita bisa menjumlahkan berapa keuntungan/kerugian yang didapatkan. Di sini, kita bisa membandingkan persentase keuntungan dan kerugian sepanjang tahun lalu.

Jika secara total masih menguntungkan, tetap pertahankan portofolio investasi kita. Artinya kita sudah ada di jalan yang benar.

Tapi jika lebih banyak kerugian, racik ulang portofolio investasi kita. Jangan sampai jumlah kerugiannya justru terus bertambah di tahun ini.

Dana kas

Jangan menaruh seluruh dana kita pada instrumen investasi. Selalu usahakan ada dana kas untuk kebutuhan darurat.

Dalam hal ini tentu saja untuk menutupi kerugian yang kita dapatkan dari investasi.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Trending
Event
Contact Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin