4 Momentum untuk Ambil Langkah Take Profit

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Menjadi investor saham tidak berarti selalu mengandalkan keuntungan jangka panjang. Ada kalanya, investor menerapkan strategi ambil untung atau take profit agar tidak kehilangan momentum.

Apa sebenarnya strategi take profit dan kapan waktu yang tepat untuk diterapkan?

Secara umum, take profit adalah cara kita menjual saham saat dalam posisi untung. Aksi seperti ini perlu cermat dalam melihat momentum yang ada.

Dari situ, kita bisa tahu bahwa take profit tidak bisa dilakukan sembarang waktu. Bahkan beberapa investor menerapkan strategi ini dalam jangka pendek.

Bagi kita investor pemula, strategi take profit bisa dilakukan dengan beberapa catatan.

1.   Harga saham sudah naik terlalu tinggi

Tingginya harga saham ini memang relatif. Tapi secara sederhana, harga saham menjadi naik terlalu tinggi jika sudah melampaui historikalnya.

2.   Target keuntungan sudah tercapai

Seperti kita ketahui, investasi saham harus punya target keuntungan. Jika sudah mencapai target ini, maka tidak salah jika kita ambil langkah take profit

3.   IHSG rawan koreksi

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selalu jadi acuan para investor. Jika terus menerus naik, maka IHSG ada potensi turun yang akan diikuti saham-saham tercatat. Maka ini momen yang tepat untuk take profit

4.   Kinerja perusahaan terindikasi menurun

Investor saham harus memperhatikan kinerja fundamental perusahaan tercatat. Ikuti paparan kinerja atau pantau kinerja keuangannya.

Sejatinya empat langkah di atas bisa kita terapkan dalam menjalankan investasi saham agar mendapat keuntungan maksimal. Terlepas dari itu, tetap fokus pada tujuan investasi, hindari sifat greedy (serakah), dan pahami kinerja fundamental.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Event
About Us
Join Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin