5 Tujuan Wisata di Balikpapan Ini Ga Jauh dari Calon Ibu Kota Baru

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Mungkin di antara kamu udah ada yang tau Indonesia bakal punya ibu kota baru yang bernama Nusantara. Nah calon ibu kota baru ini bertempat di Kalimantan Timur, tepatnya di Penajam Paser Utara. Buat kamu yang ga tinggal di Kalimantan, mendengar nama provinsi itu pasti familiar dengan daerah Balikpapan.

Meskipun terkenal dengan pusat bisnis dan industri daerah tersebut memiliki segudang tempat wisata yang seru banget untuk dikunjungi.

Pantai Serumpun

Pantai Serumpun terletak di sebelah timur kota Balikpapan. Pantainya masih asri banget karena masih belum banyak diketahui oleh wisatawan sehingga keasriannya masih terjaga. Uniknya di Pantai Serumpun ini ketika malam hari di sana justru ramai oleh pengunjung. Sinar dari gugus bintang yang kontras banget dengan gelapnya malam jadi daya tarik utama tempat ini.

Danau Cermin Lamaru

Tempat ini tergolong spesial dari karena saking jernihnya air di sini, kamu bisa bercermin dengan jelas. Ga hanya wajah kamu, objek lainnya pun terpantul dengan jelas di Dana Cermin Lamaru ini. Danau ini terbentuk akibat salah satu proyek lapangan tembak latihan atlet dan aparat keamanan di wilayah tersebut.

Bukit Bangkirai

Tempat ini punya kawasan yang menarik berupa jembatan yang yang terhubung ke lima pohon bangkirai dengan ketinggian 30 meter. Spot ini cocok banget bagi penyuka wisata adrenalin terutama yang punya nyali di ketinggian. Kawasan dengan luas 1.500 hektar ini menyimpan lebih dari 2.800 jenis flora dan fauna dengan dominasi pepohonan di dalamnya.

Liang Mangkulangit

Liang Mangkulangit berarti goa yang mengangkat langit. Bernama demikian karena tempat ini merupakan karst super gede sehingga diberi nama Liang Mangkulangit. Selain bukit karst, di sini kamu juga bisa menikmati pemandangan alam berupa pohon-pohon tinggi yang menjulang ke langit.

Kampung Atas Air

Sesuai dengan namanya ada kampung seluas 6,7 hektar yang berada di atas permukaan air laut. Pada dasarnya tempat ini adalah dermaga. Dulu tempat ini dikenal bau dan kotor. Tapi setelah ditata, kamu bakal disapa dengan keindahan kampung, hutan bakau, dan perairannya yang bersih.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Event
About Us
Join Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin