5 Alasan Laptop/PC Kamu Butuh SSD

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Ilustrasi SSD

GUEMUDA.COM, Jakarta – Permasalahan yang makin sering dihadapi pemilik laptop atau PC saat ini adalah kapasitas memori. Data semakin besar, kebutuhan kapasitas penyimpannya pun jadi lebih gede. Selain itu hard drive atau HDD yang secara default ada di laptop atau PC kita terbilang ga memadai lagi.

Sebagai gambaran HDD bekerja dengan media magnetis yang berputar untuk menyimpan data selayaknya pemutar rekaman. Alhasil waktu akses di HDD lebih lama, kecepatan baca/tulisnya juga rendah. Kelebihannya cuma satu, dia lebih murah dari opsi penyimpanan solid state drive atau SSD.

SSD ini kerjanya berbasis flash. Jadi ga kaya HDD, dia ga ada komponen bergeraknya. Hasilnya waktu akses ke memori lebih singkat dan kecepatan baca/tulisnya lebih tinggi. Nah di bawah ini GueMuda mau bedah lebih detail keunggulan SSD nih Genks. Mungkin ini bisa jadi pertimbangan kamu daripada beli laptop atau PC baru.

Booting lebih ngegas

Apa sih yang terasa pertama kali saat pakai SSD? Jawabannya proses booting. Percaya deh, teknologi SSD memungkinkan komputer kamu mengakses memori lebih cepat sehingga proses booting jadi lebih singkat.

Kecepatan baca/tulis

Rata-rata kecepatan HDD dalam membaca dan menulis memori itu sekitar 60 Mbps. Kecepatan SSD ada jauh di atas itu. Rata-rata kecepatan menulis dan membaca SSD sampai 550 Mbps. Aspek ini menunjukkan perbedaan yang mencolok yang harusnya jadi pertimbangan kamu.

Transfer data lebih satset

Salah satu yang paling bikin bete saat pakai laptop atau PC dengan HDD adalah saat transfer data. Saking lambatnya, transfer data itu kamu tinggal tidur pun mungkin banget terjadi. Teknologi SSD ngaruh banget untuk hal-hal kayak gini.

Bisa multitasking dengan mudah

Di jaman kaya gini hampir ga mungkin kamu ga buka beberapa aplikasi dalam satu waktu. Dunia menuntut segalanya serba cepat, tapi laptop kamu ga bisa ngikutin keinginan kamu. Begitulah kalau memori masih pakai HDD. Kecepatan baca SSD bakal ngebantu kamu buka beragam aplikasi dalam satu waktu sekaligus agar kamu bisa ber-multitasking ria.

Ga berisik dan panas

Karena cara kerjanya yang masih mekanis, HDD bisa menghasilkan suara yang kadang bisa ganggu. Selain itu kalo kerjanya lagi berat banget HDD bisa menghasilkan panas yang lumayan. Sebaliknya, SDD bekerja dalam sunyi dan tahan panas meski dipakai berlama-lama.

Satu catatan dari SSD adalah harganya yang tergolong mahal. Ga heran unit SSD yang dijual di pasaran dimulai dari 128 GB.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Event
About Us
Join Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin