5 Destinasi Wisata Bahari yang Patut Kamu Coba

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Dikutip dari Direktorat Jendral Pengelolaan Ruang Laut, Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Terbentang dari Sabang hingga Merauke, Indonesia punya lebih dari 17.499 pulau dengan luas sekitar 7,81 juta km2. Dari total luas wilayah tersebut, 3,25 juta km2 adalah lautan dan 2,55 juta km2 adalah Zona Ekonomi Eksklusif. Hanya sekitar 2,01 juta km2 yang berupa daratan. Dengan luasnya wilayah laut yang ada, Indonesia memiliki potensi yang sangat besar.

Maka sudah sepatutnya dari sektor wisata sangat bisa diandalkan apalagi wisata bahari. Dengan perairan yang sangat luas tentu keindahan laut di Indonesia bisa dilestarikan sekaligus dinikmati secara bertangung jawab.

Ada beberapa daerah yang sudah terkenal akan wisata baharinya dan mungkin bisa jadi pilihan berlibur kamu suatu hari nanti.

Kepulauan Seribu

Jakarta punya Kepulauan Seribu sebagai destinasi wisata bahari utamanya. Di sana kalian bisa menikmati wisata dibawah lautnya dengan menyuguhkan karang, dan bermacam-macam ikan serta keanekaragaman hayati lain yang hidup di bawah laut.

Karimunjawa

Karimunjawa menawarkan pesona wisata laut yang amat indah. Karimunjawa adalah rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, serta hampir 400 spesies fauna laut, di antaranya 242 jenis ikan hias. Untuk menikmati tempat ini, kamu bisa datang ke Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Labuan Bajo

Labuan Bajo menyimpan lanskap pemandangan bawah laut yang sempurna. Kawasan wisata bahari ini terletak di ujung barat Pulau Flores, Kabupaten Manggarai Barat. Di laut Bajo, hidup ribuan bahkan jutaan spesies ikan dan terumbu karang. Manta, spesies ikan pari terbesar di dunia, juga kerap ditemukan di perairan Labuan Bajo. Karena potensinya yang besar, pemerintah telah menetapkan Labuan Bajo sebagai destinasi super prioritas.

Raja Ampat

Raja Ampat adalah salah satu tempat diving terbaik di dunia. Hampir 75% spesies karang di dunia hidup di kepulauan Raja Ampat. Destinasi ini memiliki kekayaan dan keunikan spesies yang tinggi dengan ditemukannya 1.318 jenis ikan, 699 jenis moluska (hewan lunak), dan 537 jenis terumbu karang. Beberapa biota laut unik yang bisa kamu temui saat menyelam di sini adalah kuda laut kerdil (pygmy seahorse), ikan kelelawar, hingga dugong bisa kamu temukan di wilayah perairan Raja Ampat.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Trending
Event
Contact Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin