5 Gangguan yang Sering Terjadi di Zoom dan Solusinya

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Selama pandemi aplikasi konferensi video Zoom udah seperti kebutuhan sehari-hari. Gimana enggak, setiap agenda pertemuan, kerja atau sekolah, semua pakai Zoom. Masalahnya orang-orang mulai pakai Zoom ini belum lama-lama amat.

Mungkin karena penggunaan Zoom belum seumum WhatsApp jadi kadang kita bingung dengan masalah-masalah yang terjadi saat pakai aplikasi itu. Kami coba ngerangkum masalah yang umum di Zoom dan solusinya di bawah ini.

Tiba-tiba mati

Ini mungkin masalah paling nyebelin ketika pakai Zoom yaitu tiba-tiba mati. Selain ganggu kegiatan, kadang juga hal ini bikin panik. Anggap aja lagi rapat penting atau presentasi tugas kuliah lalu tiba-tiba mati kayak begitu kan repot banget. Nah biasanya ada beberapa alasan Zoom kamu tiba-tiba mati. Pertama, koneksi internet yang ga stabil. Buat yang lagi buka via hape coba cek juga kuota internetnya. Faktor berikutnya adalah spesifikasi device khususnya RAM ga sanggup buka Zoom lama-lama. Terakhir kemungkinan device kamu terlalu panas sehingga mematikan secara paksa aplikasi-aplikasi yang lagi berjalan.

Fitur ada yang hilang

Biasanya hal ini muncul saat kamu pakai Zoom versi website. Ga usah heran kalau kamu nyari fitur screen sharing dan ga ketemu karena fitur itu cuma bisa kamu gunakan saat pakai versi aplikasi. Selain fitur yang lebih lengkap, Zoom versi aplikasi juga memungkinkan kamu keluar-masuk meeting lebih gampang.

Suara bising dari peserta

Pernah ga ikut sesi Zoom meeting dengan peserta yang banyak banget dan seketika mereka kumpul suaranya bising banget. Bising itu biasanya bersumber dari suara latar belakang para peserta yang mereka sendiri ga sadar. Solusinya, host meeting harus cepat tanggap dengan nge-mute semua audio peserta selain yang sedang giliran bicara. Caranya kamu tinggal pilih direktori participants, klik more, dan mute participants on entry.

Zoombombing

Masalah ini sempat mencuat saat jaman awal pandemi ketika orang-orang belum begitu terbiasa pakai Zoom. Zoombombing sendiri adalah situasi di mana suatu konferensi video dibombardir oleh orang-orang ga dikenal. Cara ini jadi semacam modus orang-orang ga bertanggung jawab untuk ngebajak suatu acara di Zoom. Zoombombing ini bisa bikin sesi Zoom kamu crash atau memutar video yang aneh. Solusinya, kamu harus selalu update Zoom terbaru dan mengunci rapat saat semua peserta sudah masuk. Terakhir, jangan pernah nge-blast link undangan di media sosial atau di mana pun yang bisa terlihat banyak orang.

Sesi kehabisan waktu

Zoom pada dasarnya ada dua jenis, yang gratis dan berbayar. Buat kamu yang pernah ngalamin sesinya berakhir padahal belum ada satu jam, itu udah pasti yang gratis. Zoom emang ngasih layanan konferensi video gratis tapi cuma 40 menit aja dan maksimal peserta 100 orang. Lebih dari itu, kamu harus pakai yang versi berbayar.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Event
About Us
Join Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin