5 Hal yang Perlu Dicatat Sebelum Memulai Bisnis

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Ada banyak faktor yang menentukan kesuksesan memulai usaha. Mulai dari modal, waktu, energi, dan pengentahuan tentang bisnis yang akan ditekuni semua sama pentingnya.

Apa yang kita lihat dari semua perusahaan di dunia ini punya titik awalnya juga. Masalah-masalah di awal mendirikan perusahaan pun juga dihadapi Jeff Bezos, Bill Gates, dan Elon Musk. Meskipun kita tahu titik awal setiap orang yang mulai bisnis berbeda-beda, tapi pada prinsipnya ada hal-hal yang harus diperhatikan sebelum memulai bisnis.

Menentukan Produk

Sebelum memulai usaha tentukan dulu produk atau jasa apa yang ingin Anda jual kepada konsumen. Anda bisa menentukan ini dengan terlebih dahulu melakukan riset. Agar lebih menonjol dan berbeda dengan merek lainnya, Anda bisa menjual barang yang bermanfaat ataupun unik.

Selain itu Anda bisa memilih untuk menjual sesuatu yang memang Anda sukai atau Anda memiliki passion di dalamnya. Selain karena menyukainya, nantinya Anda pun akan lebih bersemangat dan mau menghadapi berbagai rintangan sehingga bisa lebih cepat meraih kesuksesan.

Susun Rencana dan Visi Misi

Setelah menentukan produk, maka persiapkan rencana yang matang serta visi dan misi yang jelas. Ketiga hal ini merupakan kunci sukses sebuah usaha. Dengan menentukan rencana serta visi misi, Anda mempunyai gambaran serta tujuan yang ingin dicapai di masa depan, mulai dari target pasar, rencana pemasaran dan lain sebagainya.

Dengan membuat ketiga hal ini Anda bisa melangkah sesuai jalur dan tetap fokus. Rencana,visi dan misi yang jelas juga akan memudahkan Anda ketika melakukan pinjaman, menemukan investor, dan menilai apakah usaha Anda memungkinkan untuk dimulai dan selanjutnya dikembangkan.

Fokus ke Satu Bisnis

Mempunyai banyak usaha memang mampu memberikan keuntungan yang berlipat. Namun di sisi lain bisa merusak fokus Anda yang justru berakibat pada kerugian. Jangan terburu-buru ingin menambah keuntungan dengan memulai usaha kedua. Pastikan usaha yang saat ini sudah benar-benar stabil, baik dari segi modal, SDM, maupun kebutuhan-kebutuhan lainnya. Bila sudah stabil, barulah buat rencana bisnis selanjutnya. Anda juga dapat mengikuti seminar maupun online course.

Taat Manajemen Waktu

Manajemen waktu bisa menjadi hal sulit untuk dilakukan orang-orang yang memulai bisnis dari nol. Anda menganggap usaha masih kecil sehingga tidak memerlukan pengelolaan yang terus menerus. Ingat, orang akan menjadi bisa ketika terbiasa.

Padahal disiplin waktu sangat penting untuk diterapkan baik untuk usaha kecil atau besar. Tentukan jam operasional usaha Anda. Ini akan membantu Anda disiplin terhadap waktu kerja dan lebih produktif setiap hari.

Teliti di Keuangan

Meskipun Anda memulai usaha baru dengan modal, bahan baku dan produksi yang masih sedikit, Anda sudah harus mengelola keuangan dengan baik. Manajemen keuangan tidak dilakukan ketika usaha sudah tumbuh dan besar. Pengelolaan keuangan bisnis yang dilakukan sejak awal akan mempermudah Anda dalam mengembangkan bisnis.

Latih diri Anda untuk mencatat segala transaksi yang dilakukan baik sebelum maupun setelah penjualan. Untuk mempermudah urusan ini, program akuntansi yang memiliki fitur aplikasi pembukuan keuangan dapat menyelesaikan pekerjaan keuangan lebih cepat.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Event
About Us
Join Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin