5 Jenis Sepeda yang Kamu Perlu Tahu

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Sejak pandemi bersepeda kini menjadi olahraga yang banyak diminati banyak orang, dari anak kecil sampai orang dewasa. Kalau diperhatikan setiap weekend pasti banyak banget yang melakukan aktivitas gowes ini.

Kegiatan ini menjamur di berbagi daerah. Bahkan olahraga ini melahirkan banyak komunitas sepeda sehingga bersepeda lebih seru ketika dilakukan bersama.

Namun apakah kalian tahu bahwa jenis sepeda itu macem-macem banget dengan peruntukan yang beda–beda pula. Berikut jenis–jenis sepeda dan kegunaanya:

Sepeda Lipat

Sepeda satu ini merupakan sepeda yang sangat praktis karena bisa dilipat sehingga bisa dibawa ke mana aja seperti transportasi umum, hingga kantor. Sepeda ini biasanya digunakan di rute–rute pendek, atau kerennya last mile, guna mempermudah akses kalian ke moda transportasi.

Sepeda Hybrid

Sepeda ini memiliki perpaduan antara sepeda gunung dan balap. Sepeda ini biasanya dipakai di jalan raya. Tentu yang menjadi pembedanya di ban karena intensitasnya yang sering menjajal aspal.

Sepeda BMX

Bagi kamu yang menyukai olahraga ekstrem, sepeda BMX sangat cocok untuk kalian. Sepeda BMX ini diperuntukan untuk balapan dan dikombinasikan dengan manuver-manuver ekstrem. BMX ini bahkan sudah menjadi salah satu cabang olahraga yang resmi di Indonesia loh, bahkan sempat mengirimkan atletnya di ajang Olimpiade Rio 2018.

Sepeda Balap

Sepeda balap ini memiliki karakter yang khusus di mana body-nya yang ringan dan tanpa shock breaker. Dengan spesifikasi tersebut sepeda ini bisa ngebut minimal 60 km/jam sesuai dengan spesifikasi balap. Biasanya bagian setir sepeda balap berbentuk melengkung di ujung. Tujuannya agar pengendara bisa merendahkan tubuhnya sehingga mencapai aerodinamis yang ideal. Sepeda balap sendiri terdiri dari beberapa jenis yaitu aero, endurance, dan lightweighter.

Sepeda Gunung

Sepeda gunung ini termasuk kategori olahraga ekstrim karena dilakukan di medan yang terjal, berbatu, tanah basah yang licin. Makanya sepeda gunung punya spesifikasi khusus dari mulai dari roda, batang, bahkan stang agar cocok melintasi tempat-tempat ekstrem kayak gitu.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Event
About Us
Join Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin