5 Kesalahan Dalam Memulai Usaha

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Menjalankan bisnis atau usaha bisa dilakukan oleh siapapun. Tapi tidak semua orang bisa menjalankan bisnisnya dengan sukses.

Beragam persoalan kerap muncul saat kita menjalankan bisnis. Hasilnya, belum juga mencapai puncak kesuksesan, bisnis atau usaha yang kita jalankan justru berhenti di tengah jalan.  

Hal ini akan muncul saat bisnis atau usaha yang kita jalankan tidak dipikirkan secara matang. Artinya ada kesalahan yang terjadi saat memulai usaha.

Maka agar tidak mengalami kejadian seperti ini, para pebisnis pemula perlu menghindari beberapa kesalahan. Di antaranya;

  • Perencanaan bisnis tidak matang

Perencanaan menjadi kunci dalam memulai usaha atau bisnis. Pikirkan secara matang jenis usaha yang akan kita jalankan, termasuk proses menjalankannya dan tetapkan rencana cadangan untuk mengantisipasi kegagalan.

  • Terlalu lama mengulur waktu

Setelah perencanaan sudah matang, jangan terlalu lama menunggu waktu. Dalam hal ini, segera lah mulai usaha atau bisnis yang sudah dipikirkan tersebut.

  • Pengelolaan keuangan tidak baik

Pengelolaan keuangan yang baik harus dilakukan dengan menyusun laporan keuangan. Dengan begitu, proses pemasukan dan pengeluaran dana dari bisnis kita bisa terarah.

  • Tidak bisa membangun jaringan

Jangan hanya menjalankan bisnis dengan membatasi hubungan penjual dan pembeli. Usahakan bangun hubungan yang baik, terutama kepada pelanggan, pemasok, maupun pemodal.

  • Tidak menerima kritik dan saran

Hal terakhir menjadi poin yang paling sederhana tapi sulit untuk dilakukan. Pebisnis pemula perlu membuka diri untuk menerima kritik dan saran agar punya arah yang lebih jelas dalam menjalankan bisnis.

Itulah beberapa kesalahan yang perlu dihindari bagi para pebisnis atau pengusaha pemula. Semoga dengan menghindari kesalahan-kesalahan tersebut, bisnis atau usaha kita bisa berjalan dengan baik.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Event
About Us
Join Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin