5 Langkah Penting Menyelamatkan Hape yang Kemasukan Air

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Buat manusia, kena guyur atau berendam di air itu menyegarkan. Namun buat barang elektronik, terutama hape, itu jelas bencana. Iya, banyak hape cerdas jaman sekarang yang udah anti cipratan air atau bahkan masih bisa berfungsi setelah tercebur. Tapi semua ada batasnya. Menghindarkan hape kamu dari segala bentuk sumber air adalah cara paling benar.

Dari segala kemungkinan yang ada, alangkah baiknya kamu tetap tau cara yang tepat untuk menyelamatkan hape kamu ketika error karena kemasukan air.

Cegah Potensi Kemasukan Air Lebih Banyak

Jika hape kamu tercebur di kolam, segera ambil. Jika hape kamu kebasahan karena air hujan, segera jauhkan dari hujan. Air bisa masuk ke segala lubang hape kamu. Semakin lama kena air, semakin besar kemungkinan hape kamu ga terselamatkan. Sebagai tambahan, kalau hape kamu kena air ketika lagi nge-charge, langsung lepaskan dari aliran listrik.

Jangan Nyalakan Hape

Ini jebakan betmen yang kerap dilakukan orang saat hapenya basah. Niatnya ngecek kondisi hape, menyalakan hape justru bisa memicu korsleting di dalam. Sebaliknya, kalau hape kamu kebasahan ketika keadaan nyala langsung matikan aja.

Copot Komponen Hape yang Bisa Dicopot

Agar air bisa keluar lebih cepat, mencopot sejumlah komponen hape adalah cara yang tepat. Kamu bisa lepas casing, baterai, kartu SIM, dan kartu memori untuk mencegah kerusakan lebih jauh dan mempercepat air keluar dari hape.

Keringkan Hape

Ada beberapa cara untuk mengeringkan hape kamu yang kebasahan. Pertama jelas dengan mengelapnya dengan lap kering. Setelahnya kamu bisa pilih beberapa cara seperti dengan beras atau silica gel. Kedua benda tersebut udah terbukti efektif menyerap lembap. Diamkan saja hape kamu di dalam tumpukan beras/silica gel selama beberapa waktu, niscaya hape kamu bisa kering. Catatan, jangan keringkan pakai hair dryer atau sinar matahari langsung karena keduanya terlalu panas jadi malah berpotensi ngerusak hape kamu.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Event
About Us
Join Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin