5 Manfaat yang Kamu Bisa Peroleh dari Panjat Tebing

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Salah satu olahraga yang kian diminati anak muda saat ini adalah panjat tebing. Panjat tebing makin populer di tengah masyarakat karena memicu adrenalin, menguji ketangkasan fisik dan mental.

Tapi perlu diingat panjat tebing termasuk berisiko tinggi akan cedera fisik. Untuk melakukannya kamu bisa mulai dari belajar di papan panjat tebing sambil ditemani instruktur yang sudah berpengalaman. Ini manfaat olahraga panjat tebing buat kamu yang penasaran mencobanya.

Mengenal Peralatan

Untuk memulai tentu kalian harus mengenal dulu olahraga ekstrem ini, terutama dari segi peralatan. Apa aja alat yang dibutuhkan, apa peruntukan tiap alat, dll. Persiapan alat jadi penting banget karena hal ini berkaitan dengan prosedur keselamatan yang wajib ditaati selama memanjat.

Mengumpulkan Nyali

Saat baru memulai wajar banget ada rasa takut yang muncul. Namun ketika udah sering berlatih, rasa takut itu bisa diatasi karena kebiasaan yang dilakukan sehingga rasa takut berubah menjadi sikap keberanian dan hal tersebut bisa meningkatkan kewaspadaan sehingga kalian bisa menikmati olahraga ekstrem ini.

Memiliki Sikap Tangguh

Olahraga panjat tebing ini jelas kegiatan menolak gravitasi bumi karena kalian bergerak vertikal ke atas. Tentu hal ini menjadi salah satu rintangan terbesar karena kamu harus bisa bergerak dengan beban badan sendiri, sikap pantang menyerah ketika kalian memanjat tentu sangat membantu karena bisa memicu kamu jadi orang yang lebih baik.

Melatih Koordinasi Gerak Tubuh

Logikanya olahraga panjat tebing seperti naik tangga, namun perlu keserasian gerak tubuh yang baik. Dengan sering berlatih, tubuh akan merekam dengan baik gerakan dan manuver yang kamu lakukan saat memanjat tebing. Semakin sering berlatih maka koordinasi gerak tubuh akan semakin baik.

Meningkatkan kekuatan Fisik

Untuk mendapatkan kekuatan fisik yang baik tentu tidaklah mudah. Hal ini mesti dilalui dengan perjuangan yang panjang karena memerlukan latihan yang keras sampai dapat kekuatan fisik yang mumpuni.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Event
About Us
Join Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin