5 Olahraga Bela Diri yang Cocok untuk Kebugaran Tubuh

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Selain berfungsi melindungi diri, olahraga bela diri mungkin udah jadi bagian gaya hidup. Kita bisa lihat dari makin banyaknya tempat-tempat bela diri yang lebih menonjolkan manfaat kebugaran. Itu penting banget apalagi ga semua orang nyari sehatnya cuma dari lari atau main sepeda.

Bela diri makin populer sejak banyak film lokal bergenre action yang berkualitas. Sebut aja Iko Uwais, Joe Taslim, Yayan Ruhian, dan Kang Cecep Arif rahman yang bermain di film John Wick 3. Nah buat kamu yang ingin pilih bela diri sebagai penjaga kebugaran tubuh kamu, kami punya beberapa rekomendasi.

Pencak Silat

Pencak silat merupakan seni bela diri asli Indonesia. Tentu bela diri satu ini punya banyak aliran karena setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khasnya masing-masing. Pencak silat sangat efektif digunakan mempertahankan diri jika berada dalam bahaya.

Takwondo

Seni beladiri yang sartu ini berasal dari Korea. Taekwondo menitikberatkan kaki sebagai senjata utamanya. Meski begitu, taekwondo tetap menggunakan tangan dalam beberapa gerakan. Ga sedikit orang Indonesia yang menyukai takwondo sehingga banyak juga peminatnya dan yang menekuninya.

Karate

Karate adalah seni bela diri yang berasal dari Jepang. Kalau Takwondo menitikberatkan pada kaki, beladiri ini menitikberatkan kekuatan pada lengan dan tangan tanpa melupakan kaki saat melancarkan setiap jurusnya. Karate sendiri memiliki beberapa aliran, yaitu Shotokan, Shito-ryu, Goju-ryu, dan Wado-ryu. Karena cukup populer di masyarakat, beladiri ini bahkan ada yang menjadikannya ekstrakurikuler di beberapa sekolah, sehingga tidak menutup kemungkinan melahirkan bibit-bibit atlet karate.

Muaythai

Olahraga yang berasal dari Thailand ini kini cukup populer di Indonesia, khususnya di perkotaan. Banyak klub olahraga yang menawarkan muaythai sebagai olahraga kebugaran. olahraga ini cukup menguras fisik karena hampir semua anggota badan bergerak dari mulai tangan, kaki, sikut dan lutut. Tidak hanya untuk mempertahankan diri, beberapa orang ada yang melakukan olahraga ini guna menurunkan berat badan.

Kungfu

Kalau kalian suka dengan film-film aksi yang berasal dari China atau Hongkong, maka kungfu adalah salah satu yang dipertontonkan kepada kalian. Bruce Lee, Jackie Chan, dan Jet Li, menggunakan kung fu untuk mempertahankan diri di setiap film yang dibintangi. Sekadar informasi, terdapat banyak aliran dalam kung fu, seperti Ba ji quan, Shaolin do, Wing chun, Wudang, dll.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Event
About Us
Join Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin