5 Rekomendasi Wisata yang Sarat Nilai Budaya

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Indonesia terdiri dari banyak suku dan budaya yang dimulai dari Sabang hingga Merauke. Keanekaragaman ini menjadi potensi bagi bangsa Indonesia. Sebelum ngomong jauh tentang ngenalin keanekaragaman itu ke luar, apakah kita semua udah kenal dengan anek budaya kita sendiri?

Buat ngejawab itu, mungkin wisata bisa jadi salah satu jawabannya. Lewat wisata, kamu bisa belajar banyak hal dengan berkunjung ke tempat-tempat yang paling representatif tentang suatu budaya. Kami punya beberapa rekomendasi tempat wisata yang sarat dengan budaya lokal.

Museum Ullen Sentalu, Yogyakarta

Museum ini mengenalkan sejarah terbentuknya budaya pulau Jawa dengan fokus perjalanan peradaban Kerajaan Mataram yang pada akhirnya akan melahirkan Keraton Solo dan Yogyakarta. Di sana terdapat beberapa perjalanan panjangnya sehingga kalian bisa mengetahui bagaimana terbentuknya sebagian sejarah Jawa.

Festival Lembah Baliem, Papua

Papua memang selalu mengundang misteri yang menarik untuk dikenal lebih jauh. Salah satunya Lembah Baliem. Awalnya tempat tersebut selalu dipakai untuk perang antarsuku Dani, Yali dan Yani. Namun insiden tersebut menjadi salah satu atraksi yang disuguhkan kepada pelancong. Dengan adanya acara ini kalian bisa mengenal lebih dekat suku-suku yang berada di Papua Barat.

Tana Toraja, Sulawesi Selatan

Kebudayaan penduduk di sini masih sangat kental, sehingga tiap sudutnya sangat menarik untuk dijelajahi. Di Desa Pallwa dan Desa Kete Kesu tersebar banyak rumah adat Tongkonan. Lalu ada juga desa di atas awan Batu Tumonga yang menawarkan pemandangan Kota Rantepao dari ketinggian 1300 meter di atas permukaan laut. Dan menjadi yang sangat menarik adalah Londa, tebing batu raksasa untuk memakamkan jenazah penduduk Tana Toraja.

Kampung Naga, Tasikmalaya

Kampung ini terbilang masih terjaga secara kebudayaan karena mereka memegang teguh adat istiadat Sunda yang diturunkan dari para leluhurnya. Mereka melewati hari – harinya tanpa gas dan listrik. Mereka memanfaatkan alam untuk bisa menghidupi kesehariannya.

Nagari 1000 Rumah Gadang, Sumatera Barat

Daerah Sumatera memang identik dengan rumah gadang. Tapi di tempat ini,kamu diperbolehkan menginap. Selain itu kamu juga bisa menyaksikan langsung tari – tarian tradisional sekaligus belajar tentang adat istiadat di sana.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Trending
Event
Contact Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin