6 Manfaat yang Kamu Peroleh Ketika Rutin Berlari

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Ilustrasi pria sedang berlari.

GUEMUDA.COM, Jakarta – Berolahraga udah jadi kebutuhan tubuh yang semestinya selalu kita penuhi. Ada banyak macam olahraga yang bisa dilakukan tergantung minat dan kecocokan. Tapi ga ada satu pun olahraga yang lebih simpel dan ga ribet dari lari, Genks.

Selain gampang dilakukan, lari punya manfaat segudang untuk tubuh. Selain kesehatan untuk fisik, ia juga bagus untuk untuk kesehatan mental.

Saat kamu berlari tubuh kamu bakal membakar banyak lemak, memaksa paru-paru dipaksa menghirup lebih banyak oksigen, melatih kekuatan otot-otot jantung, termasuk meredakan stres. Dan itu baru sekelumit proses dari kegiatan berlari. Di samping itu masih banyak manfaat lain yang bisa kamu rasakan saat rutin berlari.

Menurunkan Berat Badan

Ga sedikit orang memilih lari sebagai cara untuk menurunkan berat badan. Itu memang cukup efektif karena lari merukapan salah satu cara tercepat untuk membakar kalori. Kalau aja bisa rutin, niscaya lemak tubuh kamu bakal terkikis sedikit demi sedikit. Dalam jangka panjang, olahraga lari bisa menjauhkan kalian dari penyakit obesitas, diabetes, jantung dan lain sebagainya. Tapi perlu diingat lari ga disarankan buat mereka yang menderita obesitas cukup parah karena malah berisiko.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Saat berlari otomatis jantung akan dipaksa bekerja lebih keras untuk memompa aliran darah ke seluruh tubuh kita. Semakin terbiasa otot jantung bekerja optimal seperti itu, semakin baik kesehatan jantung dan aliran oksigen di tubuh kamu.

Mingkatkan Kinerja Otak

Ketika sirkulasi darah dipompa oleh jantung dengan baik maka aliran darah ke otak pun ikut meningkat. Itu artinya semakin banyak oksigen yang dibawa ke area itu. Semakin banyak oksigen di otak, semakin baik pula kinerja otak dan salah satunya seperti kemampuan berkonsentrasi.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Ketika kesehatan jantung dan otak membaik, bisa dibilang kesehatan tubuh bakal ikut membaik secara keseluruhan. Hal itu juga memicu daya tahan tubuh yang lebih bagus yang mana akan memproteksi tubuh kamu dari penyakit-penyakit yang ga diinginkan.

Melatih Koordinasi Tubuh

Kalau kamu sadar, saat berlari ga cuma kaki yang bergerak aktif. Hampir seluruh badan kita semua bergerak dari mulai dari mata, tangan, lengan, dada, hingga perut. Dengan seluruh anggota tubuh bergerak kayak gitu, koordinasi tubuh akan semakin terlatih.

Meredakan Stres

Berolahraga dipercaya dapat membuat mood kita lebih baik. Ini ga lepas dari efek hormon endorfin yang diproduksi oleh sistem saraf pusat kamu. Endorfin ini kayak morfin alami. Efeknya yang paling terasa ya meredakan stres. Dia juga bisa ngurangin sedikit rasa sakit, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Jadi saat kamu sedang stres atau tanda-tanda depresi, berlari bisa banget jadi pilihan.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Event
About Us
Join Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin