7 Cara Agar Laptop Kamu Awet Maksimal

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Hape memang sudah jadi gadget yang sangat membantu kehidupan sehari-hari kita. Tapi soal kerjaan, ga bisa bohong laptop tetap lebih cocok dan nyaman dipakai.

Nah karena hampir semua pekerjaan mengharuskan pakai laptop, merawatnya jadi penting. Masalahnya beli laptop kan ga gampang. Ga cuma harganya aja, tapi juga waktu yang dibutuhkan buat milih dan setting sampai siap kita pakai yang lumayan lama. Kebayang gimana seremnya kalau laptop kamu rusak pas lagi ngerjain skripsi atau ketika lagi ngerjain project penting kan? Makanya penting banget kamu tau cara yang bener agar laptop bisa panjang umur.

1. Waspada Baterai

Baterai bocor sehingga harus dicolok terus adalah masalah laptop paling umum. Ini biasanya muncul dari kebiasaan ngecharge dan ga dicabut berjam-jam setelah baterai full. Kebiasaan ini ngerusak daya tahan baterai sampai akhirnya nanti laptop cuma bisa nyala pas dicolok aja. Tips tambahan, charge baterai laptop kamu sebelum staminanya tinggal 20%.

2. Jangan Tutup Lubang Udara

Karena kebutuhan yang banyak, pasti pernah kan buka banyak banget aplikasi dan tab bejibun di browser. Di situasi kaya gini biasanya laptop ngeluarin udara panas dari lubang exhaust. Sebisa mungkin jangan tutup lubang itu. Seringnya nih orang ga sengaja nutup lubang itu pake alas empuk pas laptop-an.

3. Matikan Setelah Pakai

Penyakit laptop yang sering muncul salah satunya dari kebiasaan sleep mode setelah penggunaan. Ini yang bikin performa laptop jadi lemot di kemudian hari. Jadi biasakan setelah pemakaian yang panjang, matikan laptop. Tapi kalo cuma untuk istirahat sebentar maka sleep mode yang cocok.

4. Cari Tas yang Cocok

Pemilihan tas juga jadi faktor lumayan penting dalam merawat laptop loh. Penting banget punya tas laptop khusus atau tas kerja yang punya ruang khusus agar ga kecampur sama barang-barang yang berpotensi ngerusak laptop.

5. Rajin Bersih-Bersih

Layar dan keyboard adalah bagian laptop yang paling cepat kotor. Kamu bisa bersihkan layar laptop dengan microfiber, sementara keyboard bisa kamu bersihkan pake alat bantu seperti vakum mini. Selain ga enak dipandang, bersih-bersih kayak gini penting untuk ngurangin risiko laptop rusak karena debu dll.

6. Jauhi dari Cairan

Ini antisipasi aja. Tapi ga sedikit loh kasus laptop rusak karena ceroboh kena ketumpahan minuman sendiri atau orang lain. Hati-hati juga ketika naro makanan berkuah di dekat laptop, ya!

7. Jangan Ditindih

Mungkin masih ada beberapa orang yang ga sadar menaruh benda berat di atas laptop bisa berakibat fatal. Masalahnya kita ga tau beban yang bisa ditahan sebelum LCD laptop pecah. Jadi lebih baik jangan ditindih pakai apa pun ya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Trending
Event
Contact Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin