7 Kuliner Legendaris yang Wajib Kamu Kunjungi di Semarang

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Semarang, Jawa Tengah.

GUEMUDA.COM, Jakarta – Apa yang terlintas di benak kamu saat mendengar Semarang? Pelabuhan, banyak gedung bersejarah, atau mungkin ibu kota Jawa Tengah. Semua itu benar, tapi kamu ga boleh ngelewatin kesempatan wisata kuliner selagi di Semarang. Mirip dengan kota-kota besar lain yang jadi pusat aktivitas era kolonial di Indonesia, Semarang merupakan melting pot tempat bertemunya berbagai kebudayaan di satu titik. Kuliner jelas salah satu buah dari pertemuan kebudayaan itu. Nah GueMuda punya beberapa titik kuliner legendaris yang cocok jad rekomendasi berwisata kuliner ketika kamu di Semarang.

Kepala Manyung Bu Fat

Ga sah rasanya kalo jalan-jalan ke Semarang tanpa icip Kepala Manyung Bu Fat. Seperti namanya, rumah makan legendaris ini populer berkat sajian kepala ikan Manyung, ikan laut yang juga dipakai untuk bikin ikan asin jambal.

Sajian kepala manyung di sini memakai kepala manyung ukuran besar yang dimasak berkuah dengan cita rasa gurih dan pedas. Tempat ini masuk kategori legendaris bukan tanpa alasan, Genks. Kepala Manyung Bu Fat udah berjualan di Semarang sejak 1969. Jadi buat kamu yang mau mencoba hidangan ini, jangan lupa mampir di Jalan Ariloka, Semarang Barat.

Leker Paimo

Dari makanan berat, kita beralih ke street food alias kuliner jalanan. Di Semarang, street food paling populer udah pasti Leker Paimo. Leker Paimo udah ada sejak 1978 dengan mangkal di depan SMA Kolose Loyola di Jalan Karang Anyar No.37, Semarang Tengah.

Leker Paimo punya varian berkategori gurih dan manis. Tiap topping yang kamu pilih menentukan harga leker tersebut. Jadi jangan terkecoh oleh tempatnya yang sederhana karena kalo apes, antrean yang mau beli leker bisa lumayan panjang.

Nasi Goreng Babat Pak Karmin Mberok

Lagi-lagi kuliner legendaris. Nasi Goreng Babat Pak Karmin Mberok udah ada sejak 1971. Spesialisasinya ya the one and only: nasi goreng dengan babat yang dimasak sampai empuk dan gurih.

Jangan pernah berpikir mampir ke sini ketika udah terlalu malam. Selain jam operasionalnya cuma sampai 22.30 WIB, kemungkinan besar kamu juga bakal udah keabisan Nasi Goreng Babat Pak Karmin Mberok.

Lumpia Gang Lombok

Mungkin ga ada kuliner di Semarang yang lebih ikonik dari Lumpia Gang Lombok. Memang, daerah yang menjajakan lumpia di Indonesia ga cuma Semarang aja. Tapi cuma di Semarang, lumpia dengan isi rebung bisa nikmat banget.

Kenapa Lumpia Gang Lombok ikonik banget? Jawabannya sederhana. Mereka udah ada berjualan lumpia lebih dari 100 tahun, Genks! Formula rebung, telur, ebi, dan cocolan yang khas bikin Lumpia Gang Lombok wajib banget kamu coba.

Sate dan Gule Kambing 29

Di Semarang Tengah, persisnya di Jalan Letjen Suprapto No.29, ada rumah makan Sate dan Gule Kambing 29 yang mahsyur. Lokasinya berseberangan dengan Gereja Blenduk Kota Lama jadi harusnya ga susah untuk kamu temukan.

Di sini, kamu bisa makan daging olahan kambing seperti sate buntel dan gulai. Jika bukan karena cita rasanya yang maknyus, Sate dan Gule Kambing 29 ini ga akan bertahan lama sejak berjualan pada 1945.

Toko Oen

Jika ada satu restoran yang mewakili Semarang, Toko Oen mungkin jawabannya. Toko Oen Semarang sebenernya satu dari tiga cabang Toko Oen yang berpusat di Yogyakarta. Namun yang bertahan sampai sekarang ya cuma yang di Semarang ini.

Kenapa Toko Oen beraroma Semarang banget? Sebab dari tempat dan menu yang dihidangkan ngewakilin Semarang banget yang merupakan melting pot budaya Jawa, Eropa, dan Tionghoa.

Nasi Koyor Kota Lama

Nasi koyor merupakan salah satu hidangan umum di Semarang. Biasanya seporsi nasi koyor terdiri dari nasi putih, koyor (urat sapi), tumis kacang panjang, dan sambal. Hanya saja Nasi Koyor Kota Lama punya reputasi panjang sebagai penjaja nasi koyor di Semarang.

Berdiri sejak 1955, Nasi Koyor Kota Lama ga pernah sepi pengunjung. Buktinya mereka ga pernah keabisan pembeli sampai sekarang. Kamu bisa icip seporsi kenikmatan nasi koyor di sini dengan datang ke Jalan Gelatik No.7, Semarang Tengah.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Event
About Us
Join Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin