Agar Berkah Berinvestasi Saham Syariah

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Jika kita berminat investasi saham tapi masih belum yakin halal/haram, maka saham syariah bisa jadi pilihan. Saham syariah adalah kelompok saham yang dipilih sesuai keputusan Dewan Komisioner  Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Sesuai namanya, saham syariah memiliki prinsip-prinsip syariah. Artinya, OJK tidak sembarangan dalam memasukkan suatu saham sebagai saham syariah.

Agar berkah berinvestasi saham syariah, per Oktober 2021 OJK mencatat ada 454 saham yang masuk dalam Daftar Efek Syariah (DES). Jumlah tersebut setara dengan 60,53% dari total saham yang ada di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Selain adanya DES, BEI juga telah mengelompokkan saham-saham syariah melalui klasifikasi indeks. Di antaranya Indeks Syariah Saham Indonesia (ISSI); Jakarta Islamic Index (JII); Jakarta Islamic Index 70 (JII70); dan IDX-MES BUMN 17. 

Jika masih ragu juga. Co Founder Ngerti Saham dan Founder Komunitas Investor Saham Pemula, Frisca Devi Choirina punya beberapa catatan yang bisa kita terapkan untuk berinvestasi ke saham syariah. 

  • Indeks saham syariah

Indeks atau kelompok saham syariah bisa memudahkan masyarakat untuk berinvestasi sesuai syariah. Maka tidak perlu pusing lagi untuk memilih saham yang sesuai prinsip syariah.

  • Pakai SOTS

Untuk mempermudah transaksi syariah saat ini sudah ada sistem transaksi yang khusus memilihkan saham syariah diantaranya adalah Sistem online trading syariah SOTS. Sistem SOTS memilih transaksi di pasar modal yang fokus untuk transaksi saham yang telah memenuhi prinsip-prinsip syariah di pasar modal.

Dengan memakai sistem ini, transaksi bisa dilakukan dengan sistem syariah yaitu tidak boleh ada dana hutang untuk membeli saham atau transaksi margin. Selain itu dengan sistem ini juga tidak boleh menggunakan short selling atau tidak mempunyai saham tapi melakukan jual beli. 

  • Memilih perusahaan sekuritas

Untuk memulai investasi saham syariah masyarakat bisa memilih salah satu perusahaan sekuritas yang sesuai dengan kebutuhan kita. Selain itu, calon investor juga bisa memilih perusahaan sekuritas yang mempunyai kantor cabang atau full online

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Trending
Event
Contact Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin