Agar Kebagian Jatah Dividen dari Investasi Saham

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Selain keuntungan dari kenaikan harga (capital gain), investasi saham juga menghasilkan keuntungan dari dividen. Dividen ini merupakan bagian dari laba bersih perusahaan yang sahamnya kita miliki.

Bagi beberapa perusahaan, dividen menjadi salah satu cara untuk mengapresiasi para investor yang mempercayakan dananya untuk membeli perusahaan tersebut. Tapi tidak semua perusahaan bisa memberikan dividen. Apalagi jika perusahaan tersebut mengalami kerugian.

Catatan di sini, perusahaan pemberi dividen adalah perusahaan yang konsisten mencetak laba bersih setiap tahun. Meski begitu, masih ada juga beberapa perusahaan yang konsisten mencetak laba bersih tidak membagi dividen karena kebutuhan ekspansi.

Terlepas dari itu, investor yang ingin mendapat dividen dari perusahaan perlu memperhatikan beberapa hal. Terutama terkait ketentuan pencatatan investor mana yang berhak mendapat dividen.

Cum date

Cum date berarti tanggal terakhir bagi investor untuk mendaftarkan diri sebagai penerima dividen perusahaan tertentu.

Ex date

Berbeda dengan cum date, ex date berarti batas waktu yang ditetapkan bagi investor yang berhak mendapat dividen.

Recording date

Setelah cum date dan ex date, perusahaan akan melihat dan mencatat kembali siapa saja investor yang berhak mendapat dividen. Tentu saja ini berdasarkan cum date dan ex date.

Payment date

Ini adalah waktu yang ditetapkan perusahaan untuk membayarkan dividennya. Biasanya payment date ditetapkan minimal 3 minggu setelah ex date.

Jadi, jangan sampai salah tanggal jika ingin mendapat dividen. Tentu saja pilihan sahamnya pun harus benar-benar memperhatikan kinerja keuangan perusahaan tersebut.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Trending
Event
Contact Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin