Alasan dan Pentingnya Memisahkan Rekening Pribadi dan Bisnis

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Berbagai langkah dalam menjalankan usaha atau bisnis perlu dipersiapkan dengan matang. Mulai dari konsep, jenis usaha, legalitas, manajemen, hingga cara untuk memperoleh pendapatan.

Di dalam langkah-langkah itu, ada satu hal yang tidak kalah penting agar usaha yang kita jalankan benar-benar profesional dan terorganisasi dengan baik. Langkah tersebut adalah memisahkan rekening pribadi dengan rekening bisnis.

Memisahkan rekening pribadi dan rekening bisnis tentu saja menjadi bagian dari manajemen dalam hal pengelolaan keuangan. Dari sini, kita sebagai pelaku usaha mengatur keuangan perusahaan dengan baik dan tidak tercampur aduk dengan uang pribadi.

Selain itu, ada beberapa alasan dan pentingnya memisahkan rekening pribadi dan rekening bisnis. Silakan disimak ya.

  • Membuat laporan keuangan

Usaha yang profesional harus memiliki laporan keuangan yang akuntabel. Oleh karena itu, hasil pendapatan usaha yang masuk rekening bisnis bisa menjadi acuan dalam membuat laporan keuangan tersebut.

  • Menghindari penggunaan uang perusahaan untuk kebutuhan pribadi

Sebagai pendiri usaha, tentu saja kita juga punya kebutuhan pribadi. Jangan sampai uang hasil usaha kita justru terpakai, karena akan mengganggu proses bisnis yang sudah berjalan.

  • Menarik minat investor yang ingin menyuntikan modal

Setiap investor yang ingin menanamkan modal usaha akan melihat sejauh mana kita bisa mengelola keuangan dari usaha yang dijalankan. Oleh karena itu, memisahkan rekening pribadi dan rekening bisnis akan menjadi tolok ukur.

  • Mempermudah mencari pinjaman bank

Begitu juga dengan mencari pinjaman dari bank. Bank akan menanyakan bagaimana keuangan semua jenis usaha.

  • Perhitungan pajak

Pajak usaha akan dihitung dari laba bersih perusahaan. Kalau tercampur dengan rekening pribadi, bisa jadi pajak yang kita bayarkan akan lebih besar.

Bagaimana? Sudah paham kan bagaimana pentingnya memisahkan rekening pribadi dan rekening bisnis kita. Maka, jangan menunggu lama. Segera lakukan agar bisnis yang kita jalankan bisa berjalan dengan baik.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Trending
Event
Contact Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin