Alasan e-Sport Diakui Sebagai Olahraga

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Mobile Legends, PUBG, DOTA, sampai FIFA adalah nama-nama game yang udah ga asing di sehari-hari kita. Ngikutin game atau enggak, pasti judul game itu seenggaknya pernah kamu denger. Gaming emang udah setenar itu, Genks. Bahkan saking besarnya gaming, kegiatan yang tadinya kita semua lakukan buat seneng-seneng di waktu kosong udah sekarang udah diakui sebagai olahraga resmi dengan nama e-sport.

Mengutip dari Detik, Kementerian Pemuda dan Olahraga pernah nyebut tiga alasan tentang kenapa e-sport diakui sebagai olahraga. Sekretaris Menpora Gatot S. Dewa Broto bilang e-sport punya tiga hal penting sampai layak disebut olahraga yaitu; kompetitif, sportivitas, dan prestasi. Beliau menyoroti gimana atlet e-sport sama berjuangnya dengan atlet profesional lain dengan berlatih berjam-jam untuk menguatkan kemampuan fisik dan mental.

“Jadi unsur olahraga itu terpenuhi. Apa bedanya dengan olahraga konvensional?” kata Gatot.

Selain pemerintah kita, udah banyak banget negara lain yang mengakui e-sport sebagai olahraga loh, Genks. Makanya ga heran waktu Asian Games 2018 di sini, e-sport udah dihitung sebagai cabang olahraga meskipun masih sebatas eksibisi. Waktu itu game-game kayak Arena of Valor, Hearthstone, League of Legends, Clash Royale, dan PES 2018 yang dipertandingkan.

Lebih kerennya lagi, e-sport bahkan udah dipastikan akan dipertandingkan sebagai cabor resmi di Asian Games 2022 di Guangzhou. Kebayang kan hebatnya pengakuan dari dunia terkait e-sport ini. Kamu tau kan Red Bull yang sering jadi sponsor di banyak klub olahraga dan ajang olahraga ekstrem? Yang bantuin Max Verstappen juara dunia F1 kemarin itu, loh. Nah Red Bull juga punya klub e-sport kelas dunia yang ambisinya menjuarai tiap turnamen besar di dunia gaming.

Jadi buat kamu yang punya cita-cita atlet profesional e-sport, ga usah khawatir. Fokus terus dan jangan lupa latihan yang banyak ya biar bisa ikut Olimpiade

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Trending
Event
Contact Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin