Alasan Jual-Beli Lahan di Metaverse Sedang Ngetren

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Ilustrasi Metaverse.

GUEMUDA.COM, Jakarta – Setelah Revolusi Industri 4.0 muncul di mana-mana sebagai jargon kemajuan teknologi, Metaverse hadir dengan peluang bisnis yang serupa. Maksudnya serupa ya istilah ini bakal ada di mana-mana bukan untuk diadopsi tapi jadi gimmick aja. Padahal metaverse ini nawarin hal yang cukup menarik.

Nah salah satu potensi di metaverse yang udah mulai keliatan adalah jual-beli tanah. Iya, tanah. Ga usah heran kenapa orang-orang beli tanah virtual, tapi menurut pandangan mereka lahan di Metaverse punya nilai ekonomi yang lumayan besar. Mungkin kita berpikir ngapain ya beli tanah tanpa wujud di dunia virtual kaya The Sandbox atau Decentraland, platform Metaverse yang populer. Ini beberapa alasan transaksi tanah virtual lagi populer banget di Metaverse.

Kehadiran nama-nama besar

Siapa yang ga tau Facebook? Platform medsos terbesar ini serius banget ngedalemin potensi Metaverse sampai ubah namanya jadi Meta. Microsfot, Gucci, Nike, juga contoh perusahaan yang kebelet nyemplung ke Metaverse dan mengamankan lahan di sana. Selain korporasi ada juga figur terkenal kayak Ariana Grande, Snoop Dogg, Justin Bieber, dan Paris Hilton yang berlomba-lomba punya wilayah virtual di sana. Suka ga suka faktor kehadiran mereka jadi magnet bagi orang lain untuk gabung ke Metaverse.

Nilai properti melesat cepat

Emang sih tanah di sana cuma virtual, rumah yang dibangun juga virtual belaka. Tapi satu hal, harga properti di sana ga main-main. Pengembang real estate virtual Republic Realm pernah membeli 100 pulau virtual dengan harga tiap pulau US$15.000 dan sekarang harganya nyentuh US$300.000. Itu artinya satu pulau virtual itu harganya udah sama dengan satu rumah nyata di Amerika Serikat. Faktor marketing yang bagus dan keikutsertaan nama-nama besar tadi menyebabkan orang berbondong-bondong menjajal pengalaman di Metaverse, alhasil permintaan akan properti virtual di sana naik gila-gilaan.

Barang investasi baru

Ngeliat potensi yang seperti itu wajar aja perusahaan-perusahaan besar ngeliat Metaverse sebagai tempat berinvestasi yang menjanjikan. Pulau yang tadi dibeli Republic Realm bisa aja disewakan ke pencari lahan atau untuk dijadikan mal virtual atau kegiatan lain yang berpotensi menghasilkan cuan.

Lahan iklan potensial

Di situ ada ruang dan keramaian, di situ pula pasti muncul iklan. Seleb kayak Paris Hilton udah pernah bikin pesta tahun baru di pulau virtual pribadinya dan yang dateng pun cukup banyak. Dari kacamata bisnis, pemilik lahan bisa menarik untung dari keramaian yang dia ciptakan dengan mengundang pengiklan masuk.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Event
About Us
Join Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin