Asal-usul Franchise dan Riwayatnya

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Ilustrasi transaksi.

GUEMUDA.COM, Jakarta – Franchise atau waralaba adalah salah satu model bisnis paling sering kita denger. Waralaba ini ternyata udah ditemukan dan dipraktikkan dari lama banget.

Kata franchise sendiri diambil dari bahasa Prancis jadul “franchir” yang artinya memberi kebebasan kepada para pihak. Sementara itu definisi dari franchise adalah hak-hak untuk menjual suatu produk, jasa, ataupun layanan. Asosiasi Franchise Indonesia mengartikan waralaba sebagai sistem pendistribusian barang,jasa, atau layanan kepada pelanggan akhir dengan pewaralaba yang memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk menjalankan bisnis dengan merek, nama, sistem, dan prosedur yang sudah ditetapkan dalam waktu dan area tertentu.

Dulu banget di Abad Pertengahan, model waralaba ini pertama kali dilakukan oleh Gereja Katolik di Eropa. Saat itu Gereja bikin kesepakatan dengan penagih pajak di daerah-daerah yang intinya penagih pajak akan dapat imbalan persentase dari setoran yang diberikan ke Gereja. Model ini terus diadaptasi meski jumlahnya ga signifikan sampai akhirnya sampai di Amerika Serikat.

Pada 1850an perusahaan produsen mesin jahit Singer mencoba model bisnis waralaba ini. Namun di tengah jalan, waralaba Singer gagal. Cerita manis waralaba baru terjadi setelahnya seperti General Motors dan Coca Cola. Namun ledakan waralaba di AS muncul lewat rumah makan saji dan terus berkembang pesar sejak 1950-an.

Di Indonesia, waralaba pertama kali hadir pada 1950-an juga ketika dealer kendaraan bermotor lewat pembelian lisensi. Sejak saat itu model bisnis waralaba mulai dilirik pengusaha Indonesia khususnya di bidang kuliner macam McDonald’s, KFC, dll. Sekarang saking populernya, model waralaba bahkan udah dipakai oleh pengusaha-pengusaha mikro yang sehari-hari bisa kita temui di pinggiran jalan dekat rumah kita.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Event
About Us
Join Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin