Bagi Pecinta Gowes, 3 Jenis Frame Sepeda Ini Wajib Kamu Ketahui

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Ilustrasi sepeda.

GUEMUDA.COM, Jakarta – Dulu banget ketika sepeda baru ditemukan dan ngetren, fungsinya cuma satu yaitu jadi alat transportasi. Lebih dari seabad berlalu, fungsi sepeda udah beragam banget. Ada yang pakai sebagai alat transportasi, ada yang untuk olahraga, ada pula yang menggunakannya sebagai simbol gaya hidup.

Semenjak tren sepeda di era pandemi ini, kebutuhan komponennya jadi makin disorot, khususnya frame sepeda yang mana bagian utama dari sebuah sepeda. Nah biar kamu lebih paham soal frame sepeda, GueMuda mau ngenalin beberapa jenis frame dengan masing-masing keunggulannya.

Frame Besi

Frame dengan bahan besi adalah jenis yang paling umum. Meskipun umumnya dikenal sebagai frame besi, namun di industri sepeda frame ini disebut Hi-Tensile Steel. Frame besi punya keunggulan harganya murah, gampang ditemui, dan ga mudah patah. Kelemahannya, frame ini tergolong lumayan berat dan cepat karatan ketika catnya terkelupas.

Frame Chromoly

Frame ini gabungan antara bahan chromium dan molybdenum. Secara kualitas tentu bahan ini lebih bagus dibanding Hi-Tensile Steel. Keunggulan dari chromoly adalah cukup ringan serta tahan karat. Meski udah cukup ringan, frame chromoly masih ga lebih ringan dari frame sepeda berbahan aluminium alloy.

Frame Aluminium

Ini dia frame sepeda yang lagi rame dipakai berbagai kalangan. Frame aluminium ini terbuat dari campuran bahan seperti magnesium, silikon, dan seng sehingga frame ini biasa disebut dengan alloy. Kelebihan frame ini jelas sangat ringan, aerodinasmis, anti karat, tapi tetap kuat. Di sisi lain frame ini kemungkinan akan langsung patah kalau terjadi benturan yang cukup keras. Selain itu umur frame ini juga relatif cukup singkat sekitar 5-10 tahun penggunaan aja.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Event
About Us
Join Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin