Beberapa Cara untuk Lakukan Digital Detox

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Pasti ada masanya kamu jengah dengan konten-konten yang berseliweran di media sosial. Algoritma media sosial memaksa banyak orang dan mungkin salah satunya kamu terus menatap layar ponsel untuk konten-konten yang mungkin saja menghibur namun sebenarnya tidak penting. Cepat lelah, banyak waktu tersita, tidak produktif adalah beberapa dampak buruk dari konsumsi media digital yang tinggi.

Berangkat dari itu muncul ide digital detox. Tujuannya untuk mengurangi konsumsi platform digital yang sudah mengepung hampir seluruh aspek hidup kamu. Berikut adalah beberapa opsi untuk mendukung program digital detox kamu.

Batasi Sumber Konten yang Mengganggu

Ada banyak konten di media sosial yang sifatnya memang menyedot waktu kamu. Guna meminimalisasi gangguan tersebut, kamu perlu membatasi diri. Cara ini bisa dimulai dengan berhenti mengikuti akun-akun yang dirasa tak membawa manfaat untuk kehidupan kamu.

Kosongkan Layar Ponsel

Salah satu tanda kamu kecanduan platform digital adalah ketika kamu kerap membuka ponsel hanya untuk sekadar memeriksa cuaca, dan kemudian melihat ikon Facebook, membukanya sebentar, atau apa pun yang ada di layar depan ponsel. Salah langkah, tiba-tiba kamu sudah dua jam main ponsel. Gunamenghindarinya, coba sembunyikan atau hilangkan ikon media sosial kamu dari layar depan. Intinya kamu harus mempersulit akses ke media sosial yang sering sekali kamu buka.

Atur Notifikasi

Meski sudah mengosongkan ikon media di layar ponsel, notifikasi yang bisa tiba-tiba muncul kapan saja adalah musuh kedua yang harus diwaspadai. Itu sebabnya kamu sebaiknya menonaktifkan segala notifikasi aplikasi yang berpotensi mengganggu program digital detox kamu.

Buang Aplikasi

Salah satu cara yang paling efektif namun butuh nyali cukup besar adalah menghapus aplikasi media sosial kamu. Dengan cara demikian kamu otomatis memotong semua kemungkinan gangguan yang muncul dari suatu aplikasi. Untuk melakukan ini tentu kamu harus menimbang apakah ada data penting yang perlu diunduh terlebih dahulu sebelum menghapus aplikasi.

Pantau Durasi Penggunaan Medsos

Cara ini cocok untuk kamu yang berniat meninjau ulang waktu yang kamu habiskan untuk media sosial saja. Kamu bisa aktifkan Screen Time di iOS atau Digital Wellbeing di Android. Dengan widget itu kamu bisa menganalisis perilaku kamu dalam menggunakan media sosial dan menjadikannya sebagai pembelajaran.

Cari Kegiatan

Menyibukkan diri sendiri dengan kegiatan yang lebih berarti adalah salah satu opsi yang bagus. Coba temukan hal-hal menarik yang tak melibatkan ponsel. Harapannya kamu bisa mengalihkan sepenuhnya perhatian kamu ke kegiatan yang sedang kamu lakukan.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Trending
Event
Contact Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin