Beberapa Risiko Investasi Reksadana

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Setiap investasi punya risikonya masing-masing. Begitu juga dengan investasi reksadana yang merupakan instrumen investasi untuk investor pemula.

Risiko berinvestasi reksadana memang akan bergantung pada jenis reksadana yang kita pilih. berdasarkan jenisnya, risikonya pun menyesuaikan.

Semakin tinggi keuntungan yang ingin kita dapat, maka semakin tinggi pula risiko yang akan kita hadapi.

Terlepas dari itu, secara umum ada beberapa risiko-risiko dalam berinvestasi reksadana seperi dijelaskanBursa Efek Indonesia (BEI). Silakan disimak!

Risiko berkurangnya nilai unit penyertaan

Risiko ini dipengaruhi oleh turunnya harga dari efek (saham, obligasi, dan surat berharga lainnya) yang masuk dalam portfolio reksadana tersebut.

Risiko likuiditas

Risiko ini menyangkut kesulitan yang dihadapi oleh manajer investasi jika sebagian besar pemegang unit melakukan penjualan kembali (redemption) atas unit-unit yang dipegangnya. Manajer Investasi kesulitan dalam menyediakan uang tunai atas redemption tersebut.

Risiko wanprestasi

Risiko ini merupakan risiko terburuk, dimana risiko ini dapat timbul ketika perusahaan asuransi yang mengasuransikan kekayaan reksadana tidak segera membayar ganti rugi atau membayar lebih rendah dari nilai pertanggungan saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Contohnya seperti wanprestasi dari pihak-pihak yang terkait dengan reksadana, pialang, bank kustodian, agen pembayaran, atau bencana alam, yang dapat menyebabkan penurunan NAB (Nilai Aktiva Bersih) reksadana.

Itulah beragam risiko dari berinvestasi reksadana. Selalu ingat, setiap investasi punya risikonya masing-masing.

Oleh karena itu, selalu pilih investasi yang legal dan logis agar tidak terjebak oleh investasi ilegal yang bisa sangat merugikan.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Event
About Us
Join Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin