Beli Reksadana Layaknya Trading Saham

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Ada satu alternatif investasi lainnya yang bisa kita temui di pasar modal. Instrumen investasi ini seperti saham tapi dalam kemasan reksadana. 

Adalah exchange traded fund (ETF). Instrumen ini merupakan reksadana yang bisa diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia.

Produk ini diperdagangkan seperti saham-saham yang ada di bursa efek. ETF merupakan penggabungan antara unsur reksadana dalam hal pengelolaan dana dengan mekanisme saham dalam hal transaksi jual maupun beli.

Jika kita sudah berinvestasi saham, maka kita akan mengetahui ETF dari kodenya yang sebagian besar diawali dengan huruf ‘X’. Misalnya XIFE, yang merupakan Reksa Dana Indeks Premier ETF FTSE Indonesia ESG.

Meski secara transaksi memiliki kemiripan dengan saham, investor yang berinvestasi ETF akan mendapatkan beberapa keuntungan. Salah satunya risikonya yang rendah karena likuiditas terjamin. Selain itu, memiliki 1 ETF sama dengan memiliki puluhan saham-saham unggulan.

Sebagai alternatif investasi, ETF bisa menjadi pilihan untuk diversifikasi. Khususnya atas beberapa saham unggulan dalam sekali order. 

Selain itu, karakter ETF yang fleksibel membuat investor dapat dapat langsung melakukan pembelian maupun penjualan ETF selama jam bursa berlangsung selayaknya saham.

Transaksi ETF juga cukup menarik karena bisa dibeli dengan satuan lot (1 lot = 100 unit). Berbeda dengan reksadana dengan satu pembelian per unit. ETF juga memiliki pasar primer dengan satua 1.000 lot = 100.000 unit.

Penyelesaian transaksi (settlement) ETF juga mirip dengan saham. Yakni T+2 atau dua hari setelah transaksi dilakukan. Sementara reksadana bisa sampai T+7 atau tujuh hari setelah transaksi dilakukan.

Selain itu, transaksi ETF juga memiliki delaer partisipan. Dealer Partisipan adalah Anggota Bursa yang bekerja sama dengan Manajer Investasi (MI) pengelola ETF untuk melakukan penjualan atau pembelian Unit Penyertaan ETF. 

Saat ini di Indonesia ada 6 enam Dealer Partisipan yakni Bahana Sekuritas, Mandiri Sekuritas, Philip Sekuritas, Sinarmas Sekuritas, Indopremier Sekuritas dan Panin Sekuritas.Sebagai informasi, hingga 25 Maret 2021 BEI mencatat ada 48 ETF yang  bisa menjadi pilihan investasi investor. Daftar ETF itu bisa kita lihat di sini.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Event
About Us
Join Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin