Beli Saham Karena Ngikut Influencer, Yakin?

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Fenomena pamer portofolio saham sedang ramai di kalangan influencer. Namun benar atau tidak saham yang dipamerkan para influencer itu pun masih perlu dipertanyakan lagi.

Dari sudut pandang Bursa Efek Indonesia (BEI) sebagai penyelenggara sekaligus regulator perdagangan saham, fenomena ini punya dampak positif, terutama dalam meningkatkan jumlah investor. Namun BEI juga melihat fenomena ini bisa jadi bumerang jika saham yang dipamerkan para influencer itu justru merugikan para investor.

Maka, ada yang perlu kita pahami agar tidak terjebak dengan saham-saham pilihan para influencer itu.

Dalam merekomendasikan suatu saham, seseorang harus memiliki lisensi sebagai manajer investasi atau pun analis saham. Lisensi ini pun tidak mudah didapatkan karena harus melalui proses panjang dan mendapat persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dari sini saja, sangat jelas bagaimana kita agar jangan mudah mempercayai influencer yang memamerkan portofolio sahamnya.

Pengamat Saham dan Direktur Anugerah Mega Investama Hans Kwee menjelaskan, seseorang yang memberikan nasihat investasi harus mengikuti aturan otoritas, punya izin sebagai penasihat investasi. Bahkan, Direktur Perdagangan dan Penilaian Anggota Bursa BEI Laksono Widodo telah mengingatkan para influencer akan rambu-rambu yang ada jika ingin ‘jualan’.

“Nah terkait ‘jualan’ ini, mereka perlu kita kasih tahu. Jangan sampai mereka melanggar (karena memang belum tahu). Dan definisi jualan ini agak abu-abu,” kata Laksono.

Kita juga perlu memahami, setiap keputusan investasi saham, risiko akan ditanggung masing-masing investor. Untung rugi investasi saham akan kita rasakan sendiri, bukan orang lain yang merasakan. Maka pahami betul saham yang akan kita pilih, bukan karena sekadar ikut-ikutan saja.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Trending
Event
Contact Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin