Beragam Informasi untuk Menentukan Arah Investasi

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Isu-isu perekonomian dan politik menjadi informasi yang wajib diketahui oleh para investor. Dengan memantau isu-isu tersebut, investor bisa menentukan langkah-langkah yang akan diambil dalam mengambil keputusan investasi.

Apa saja informasi-informasi tersebut?

Pertama adalah makro ekonomi. Makro ekonomi dapat digunakan untuk menganalisis target-target kebijakan seperti pertumbuhan ekonomi, inflasi, tenaga kerja, dan keseimbangan neraca pembayaran yang berkesinambungan.

Dari isu-isu makro ekonomi, biasanya para investor akan melihat arah kebijakan dari pemerintah. Kemudian, kebijakan pemerintah yang keluar dijadikan acuan dalam memilih instrumen investasi yang tepat dan berpotensi memberikan keuntungan.

Misalnya saja saat ada inflasi. Di sini biasanya ada peningkatan konsumsi dan permintaan yang membuat naiknya harga-harga barang konsumsi. 

Kondisi ini tentu saja menjadi sentimen positif bagi perusahaan-perusahaan konsumsi yang sahamnya tercatat di Bursa Efek Indonesia. Dengan begitu, investor bisa mulai melirik saham-saham perusahaan konsumsi itu sebagai investasi.

Selain makro ekonomi, isu-isu politik juga wajib pantau. Memang beberapa isu ini tidak langsung berhubungan dengan instrumen investasi yang ada. Tapi biasanya saat ada isu politik yang panas, banyak investor yang mengaitkannya dengan pergerakkan suatu saham, kenaikan harga emas, atau imbal hasil obligasi.

Isu-isu tokoh ternama. Beberapa nama besar baik di dunia politik atau industri bisa menjadi pantauan untuk mengambil langkah investasi. Untuk yang satu ini, biasanya lebih banyak pada instrumen investasi saham.

Sebut saja nama Sandiaga S. Uno. Saat dirinya terpilih jadi Menteri Ekonomi Kreatif dan Pariwisata, kalangan investor mulai melirik saham-saham yang kepemilikannya terkait Sandiaga.

Isu global. Tidak hanya di dalam negeri, para investor juga wajib memantau isu-isu global yang bisa saja berhubungan dengan Indonesia. 

Salah satu yang terbesar saat ini adalah pandemi Covid-19. Saat isu ini muncul di Indonesia, instrumen investasi emas mulai banyak dilirik karena dianggap sebagai safe haven di saat instrumen investasi lainnya mengalami koreksi.

Itulah isu-isu yang perlu dan wajib menjadi pantauan investor. Dengan memantau isu-isu tersebut, semoga saja kita semakin cerdas dan selektif memilih instrumen investasi untuk mendapat keuntungan yang maksimal di masa mendatang.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Event
About Us
Join Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin