Beragam Istilah dalam e-IPO, Pahami Sebelum Memesan Saham

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Menjadi investor saham kini semakin mudah dengan perkembangan teknologi digital. Tidak hanya dalam membuka akun, jual beli saham hingga ikut memesan saham perdana pun bisa dilakukan secara daring.

Salah satu yang dikembangkan Bursa Efek Indonesia (BEI) adalah electronic IPO. Ini adalah sistem penawaran umum berbasis web yang bisa diakses di mana saja dan kapan saja.

Dilansir dari laman BEI. Sistem ini bertujuan untuk menyediakan akses yang mudah dijangkau oleh seluruh investor dan Perusahaan Efek untuk berpartisipasi dalam proses Penawaran Umum.

Dalam memesan saham perdana melalui e-IPO, caranya cukup mudah. Dimulai dengan mendaftar di perusahaan sekuritas atau langsung mengunjungi situs www.e-ipo.co id. 

Setelah itu, kita bisa lihat daftar perusahaan yang akan menawarkan sahamnya. Proses selanjutnya adalah memasukkan pesanan, dan diakhiri dengan menunggu penjatahan sebelum akhirnya perusahaan yang dimaksud mencatatkan sahamnya di BEI.

Namun ada beberapa istilah dalam e-IPO yang perlu kita ketahui agar tidak kebingungan dalam memesan saham. Apa saja?

Masa pembentukan harga (book building)

Ini adalah waktu yang ditetapkan calon perusahaan terbuka dan para penjamin emisi dalam mengumpulkan minat para investor. Waktu ini menjadi acuan dalam penentuan harga perdana saham yang ditawarkan.

Masa penawaran umum (offering)

Kali ini para investor bisa mulai memesan jumlah saham yang akan dibeli dengan mengacu pada harga hasil book building.

Penjatahan terpusat (pooling)

Sesuai dengan surat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pesanan yang masuk dari para investor akan dikumpulkan dan dijatahkan secara proporsional.

Penjatahan pasti (fixed)

Penjamin emisi melakukan penjatahan dengan memberi alokasi saham sesuai dengan jumlah pemesanan. Biasanya, untuk mendapat penjatahan pasti, pemesanan dilakukan langsung ke penjamin emisi.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Trending
Event
Contact Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin