Buka Tabungan Tanpa KTP? Anak Sekolah Perlu Banget Nih

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Bagi masyarakat generasi muda, memiliki tabungan di bank tidak perlu lagi bantuan orang tua. Kini, generasi muda khususnya yang masih bersekolah SMA, SMP, atau pun SD sudah bisa memiliki tabungan di bank meskipun belum memiliki KTP.

Salah satunya melalui Tabungan Simpanan Pelajar (SimPel). Ini merupakan tabungan untuk siswa PAUD, TK, SD, SMP, SMA, Madrasah (MI, MTs, MA) atau sederajat yang diterbitkan secara nasional oleh bank-bank di Indonesia.

Persyaratan pun mudah dan sederhana serta fitur yang menarik, dalam rangka edukasi dan inklusi keuangan untuk mendorong budaya menabung sejak dini. Karena untuk pendaftarannya tidak perlu KTP, bebas biaya administrasi, dan setoran awal serta bulanannya tidak besar. Setoran awal minimal Rp1.000 untuk SimPel iB (Syariah), Rp5.000 untuk SimPel konvensional, dan untuk setoran selanjutnya mulai dari Rp1.000 saja.

Persyaratan untuk membuka rekening SimPel/SimPel iB berbeda-beda di tiap bank, jadi pastikan dahulu ke bank pilihanmu. Persyaratan dokumennya dapat mencakup sebagai berikut:

1. Fotokopi kartu pelajar

2. Fotokopi akta kelahiran kamu

3. Formulir pembukaan rekening

4. Fotokopi KTP salah satu orang tua

Bagi yang berminat, beberapa sekolah sudah membuka layanan pembukaan rekening SimPel bekerja sama dengan bank yang merupakan penyelenggara SimPel/ SimPel iB. Selanjutnya kita hanya perlu mengisi formulir, melengkapi persyaratannya, dan menyiapkan uang yang akan ditabung, lalu kemudian dapat diberikan kepada petugas bank yang datang ke sekolah.

Bila sudah memenuhi persyaratan, Sobat akan diberikan bukti kepemilikan rekening (dapat berupa buku tabungan, kartu ATM, dll)

Langsung ke bank pun bisa. Jangan lupa minta orang tua mendampingi, membawa uang yang akan ditabung, serta persyaratan yang ditetapkan oleh bank misalnya kartu pelajar, KTP orang tua, dan lain-lain, dan tentunya tidak lupa mengisi formulir pembukaan rekening yang disediakan.

Lalu dokumen akan diverifikasi, bila lolos verifikasi selanjutnya akan diberikan bukti kepemilikan rekening.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Trending
Event
Contact Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin