Bullish dan Bearish Pasar Saham Serta Cara Menyikapinya

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Saat berinvestasi di pasar saham, maka kita akan menemui istilah bullish dan bearish. Dua istilah ini mengacu pada kondisi pasar.

Secara sederhana, bullish berarti sebagian besar saham sedang dalam posisi naik. Sementara bearish berlawanan arah dengan bullish yang berarti sebagian besar saham sedang dalam posisi turun.

Dari pengertian sederhana itu, kita perlu tahu bagaimana istilah tersebut muncul dan apa yang harus dilakukan para investor saat berhadapan dengan kondisi pasar seperti itu.

Bullish

Dari berbagai literasi yang ada, penggunaan istilah bullish berasal dari kata bull yang dalam bahasa Indonesia adalah banteng.Namun dalam hal ini mengacu pada cara banteng menyerang musuhnya.

Mengutip Investopedia.com, kondisi pasar bullish seperti banteng yang menyerang musuhnya dengan mendorong tanduknya ke atas. Dikaitkan dengan pasar saham, cara banteng tersebut seperti kondisi pasar saham yang sedang bertumbuh.

Di sini, kita bisa melihat pertumbuhan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Dalam posisi bertumbuh, IHSG bisa dikatakan dalam kondisi bullish.

Istilah ini juga mengacu pada optimisme investor pada pasar saham. Artinya, hampir sebagian investor dalam posisi buy atas saham-saham yang diperdagangkan.

Maka, kita perlu memasang posisi sebelum ketinggalan momentum agar bisa ikut mendapatkan keuntungan.

Bearish

Istilah ini juga berkaitan dengan cara beruang (bear) saat menyerang musuhnya. Beruang akan menggunakan cakarnya dengan gerakan dari atas ke bawah.

Kondisi ini seperti pasar saham yang sedang turun atau mengalami tekanan. Seperti bullish, kondisi ini juga bisa kita lihat dari pergerakkan IHSG.

Termasuk sikap investor yang banyak melakukan aksi jual (sell) atas saham-saham yang diperdagangkan.

Di sini, kita juga jangan sampai ketinggalan momentum agar posisi investasi kita tidak banyak merugi.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Event
About Us
Join Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin