Cara Memulai Investasi Saham

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Saham sebagai tanda penyertaan modal seseorang atau pihak (badan usaha) dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas, menjadi salah satu instrumen investasi yang mulai banyak diminati. Melalui investasi saham, pemilik saham memiliki klaim atas pendapatan perusahaan, klaim atas aset perusahaan, dan berhak hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Keuntungan investasi saham pun cukup menarik karena dengan menanamkan modal  pada saham, kita bisa mendapatkan keuntungan berupa capital gain dan dividen.

Namun masih banyak masyarakat yang masih bingung bagaimana cara untuk memulai investasi saham. Padahal, saat ini investasi saham semakin mudah karena dilakukan secara digital. Bahkan, beberapa perusahaan efek telah melayani pembukaan rekening secara daring.

Untuk mulai investasi saham, siapkan langkah-langkah berikut ini:

1.   Mendaftarkan diri sebagai investor di perusahaan sekuritas

Nama-nama perusahaan sekuritas itu bisa kita lihat di sini. Ikuti instruksinya dan jangan sungkan untuk bertanya langsung kepada agen pemasaran dari sekuritas yang ditunjuk.

2.   Install aplikasi trading dari perusahaan sekuritas dipilih

Setelah membuka rekening, kita tinggal menunggu aktivasinya. Jika rekening sudah aktif, kita akan mendapat nama pengguna, password, hingga nomor rekening investor yang didaftarkan saat membuka rekening. Kemudian, install aplikasi trading dari perusahaan sekuritas yang dipilih.

3.   Transfer dana yang disiapkan ke rekening dana investor

Pada tahapan ini, jika proses pembukaan rekening sudah berjalan, dan kita bisa masuk ke aplikasi trading dari perusahaan sekuritas, kemudian transfer saja dana sesuai yang dibutuhkan untuk melakukan pembelian saham pertama.

4.   Kenali saham-saham yang akan dibeli

Catatan di sini, pilih saham yang nama perusahaannya kamu kenal. Jangan lupa juga pantau kinerja keuangannya agar tidak salah pilih.

5.   Ikuti sekolah pasar modal

Sekolah pasar modal akan mengenalkan kita dengan berbagai istilah dan cara-cara baik dalam berinvestasi saham. Pelaksanaannya bisa langsung lihat di sini.

Bagaimana, mudah bukan? Namun perlu kita ketahui bersama, setiap investasi punya risiko. Semakin tinggi keuntungan yang akan kita dapat, semakin besar pula risiko yang akan kita hadapi.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Event
About Us
Join Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin