Catatan Menarik Timnas Setelah Kalah di Final Piala AFF 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Perhelatan Piala AFF 2020 akhirnya selesai dan timnas Indonesia harus merelakan podium juara ke Thailand. Skuat asuhan Shin Tae Yong gagal menang dari dua pertandingan. Leg pertama Asnawi dkk. malah dibantai empat gol tanpa balas, benar-benar beda kelas. Untungnya di leg kedua, timnas bermain lebih baik dan bisa sedikit ngerepotin Thailand dengan skor 2-2. Jadilah Thailand juara Piala AFF 2020.

Hasil itu juga nambah rekor timnas Indonesia sebagai tim yang udah gagal keenam kalinya di final Piala AFF dari tahun 1996 sampai sekarang. Terlepas dari hasilnya, ada beberapa fakta menarik yang ditorehkan timnas selama Piala AFF 2020, loh.

Paling rajin bobol gawang lawan

Meskipun cuma mampu meraih gelar sebagai runner-up, skuat Garuda sukses melesakkan 20 gol sepanjang turnamen ini. Dari delapan laga yang dijalani, upaya Witan Sulaiman dkk. jadi catatan terbanyak dibandingkan dengan kontestan lain. Bahkan Thailand yang berstatus sebagai juara cumba bisa menggelontorkan 18 gol.

Gampang kebobolan

Rajin bobol gawang lawan, tapi juga rajin kena bobol. Kira-kira itu jadi ringkasan penampilan Indonesia di Piala AFF 2020. Sepanjang turnamen Timnas Indonesia kebobolan sampai 13 kali. Kecuali saat lawan Vietnam, Indonesia selalu kebobolan di tiap pertandingan termasuk oleh Kamboja dan Laos.

Ini jadi catatan terburuk di antara kontestan-kontestan yang lolos ke fase gugur. Bahkan, Indonesia hanya terpaut dua gol dari Kamboja yang menjadi tim yang paling sering kebobolan.

Terpilih paling fair play

Ini unik karena Indonesia termasuk tim yang punya catatan pelanggaran paling banyak di turnamen. Dari laga pembuka hingga partai final Indonesia bikin 143 pelanggaran dan 13 kartu kuning. Kalo liat itu mungkin agak aneh ngeliat timnas kita dapat penghargaan tim paling fair play.
Tapi Kode Fair Play FIFA ga pakai jumlah pelanggaran dan kartu jadi patokan nentuin seberapa fair play sebuah tim. Beberapa kode itu adalah bermain jujur, bermain untuk menang, menerima kekalahan dengan hormat, menghargai lawan, rekan setim, ofisial, dan penonton.

Satu-satunya tim yang bisa jebolin dua gol ke gawang Thailand

Saking beda kelasnya Thailand dari semua peserta Piala AFF 2020, Thailand nyaris aja ga kebobolan sama sekali sepanjang turnamen. Di babak grup Chanatip dkk. cuma kebobolan sekali dari Filipina.

Ketika Ricky Kambuaya dan Egi Maulana Vikri bikin dua gol di final leg kedua, itu jadi sekali-sekalinya Thailand kebobolan dua gol dalam satu pertandingan. Bahkan tim kuat kayak Vietnam gagal bikin satu gol pun dalam dua leg.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Trending
Event
Contact Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin