Catur 101: Hal-hal yang Perlu Kamu Ketahui Saat Mulai Main Catur

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Seperti yang kamu tau olahraga itu kegiatan yang ga cuma melibatkan fisik, tapi juga mental. Beberapa mensyaratkan fisik yang dominan, beberapa yang lain minim tenaga fisik. Nah kamu mungkin pernah bingung catur itu termasuk kategori olahraga ga sih? Catur merupakan salah satu cabang olahraga yang ga “olahraga banget”, tapi dia udah diakui sebagai olahraga.

Meskipun gerakannya cuma duduk dan menggerakkan tangan, namun pikiran para pemain catur bekerja ekstra tiap bertanding. Seperti yang kamu tau, berpikir itu juga butuh energi banyak sehingga efek lelahnya pun hampir sama aja kayak olahraga lain. Lalu apa aja sih hal dasar yang mesti diketahui untuk bermain catur? GueMuda punya intisari dasarnya buat kamu yang lagi minat mendalami catur.

Raja adalah segalanya

Selesainya permainan pada saat catur adalah matinya raja di tangan lawan. Denga demikian kamu sebagai pemain harus melindungi raja sekuat mungkin dari ancaman lawan dan tentu sembari memikirkan cara yang paling tepat untuk mematikan raja lawan.

Mengenal komponen pasukan

Bermain catur ga cuma melulu soal raja. Ada 5 jenis pasukan selain raja. Ada ratu (queen), gajah (bishop), kuda (knight), benteng (rook), dan pion (pawn). Gerakan kelima itu yang harus kamu kuasai sehingga bisa bertahan dan menyerang pasukan lawan.

Membuat strategi dan menganalisis strategi lawan

Untuk bisa memenangkan permainan kalian harus membuat strategi yang bagus hingga sulit untuk diprediksi oleh lawan. Hal itu mesti kita pelajari dan latihan agar strategi tersebut ampuh terhadap lawan. Kamu bisa mulai bikin strategi yang paling dasar seperti strategi pembukaan. Membuat dan membaca strategi ini bakal otomatis terasah saat kamu makin sering bermain catur.

Berlatih dengan banyak orang

Cara bermain catur setiap orang pasti berbeda. Itu sebabnya ketika kamu semakin banyak berlatih dengan melawan orang lain, maka pikiran kamu semakin terlatih. Harapannya kamu lebih cepat membaca strategi lawan dan menyusun strategi paling OK untuk menang.

Jadi jangan kira bermain catur itu mudah. Permainan ini ga cuma butuh ketenangan, tapi juga kepekaan serta pemahaman akan strategi. Walaupun kamu duduk doang, dijamin kepala kamu bisa kecapekan lumayan banget gara-gara main catur.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Event
About Us
Join Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin