Definisi dan Tujuan Investasi

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Investasi merupakan salah satu komponen super penting dalam ekonomi. Jadi buat kamu yang enggak punya latar belakang pendidikan di bidang ekonomi, enggak ada salahnya untuk cari tau pengertian investasi menurut para ahli.

Definisi investasi

Menurut Sadono Sukirno (2015), definisi dari investasi adalah pengeluaran atau penanaman modal untuk membeli barang-barang modal serta perlengkapan produksi guna menambah kemampuan produksi.

Sementara itu, Haming dan Basalamah (2003) menjelaskan definisi dari investasi adalah pengeluaran untuk membeli aktiva riil seperti tanah, mobil, dan rumah serta aktiva keuangan dengan harapan memperoleh keuntungan yang lebih besar di masa depan.

Sementara kamus Britannica menjabarkan investasi sebagai proses pertukaran pemasukan menjadi aset dalam periode tertentu dengan harapan menghasilkan pendapatan di masa mendatang.

Tujuan investasi

Ada beberapa macam tujuan investasi hasil interpretasi sejumlah ahli dan lembaga. Walau demikian, pada dasarnya tujuan investasi adalah mendapat keuntungan di masa depan.

Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) Nomor 13 Tahun 2004 menyebut tujuan investasi adalah pertumbuhan kekayaan (acceleration of wealth) yang diperoleh dari hasil investasi kayak bunga, dividen, royalti, dan uang sewa.

Sementara menurut Sadono Sukirno tujuan investasi adalah mengganti dan terutama menambah barang-barang modal yang akan dipakai untuk produksi barang & jasa di waktu nanti.

Keputusan investasi

John Maynard Keynes, ekonom yang populer banget di jamannya, bilang dalam teori investasinya bahwa keputusan investasi itu dibuat dengan membandingkan marginal efficiency of capital (MEC) dengan tingkat bunga riil.

MEC ini bisa dibilang keuntungan yang bisa kamu harapkan dari sebuah investasi. Jadi menurut Keynes, kalau nilai MEC lebih besar dari tingkat bunga riil, investasi itu memungkinkan dilakukan.

Adapun faktor-faktor penentu investasi menurut Keynes ada beberapa mulai dari meningkatnya optimisme para manajer perusahaan, laju pertumbuhan ekonomi, peningkatan modal saham publik, perubahan teknologi, dan perubahan tingkat suku bunga.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Event
About Us
Join Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin