Eduwisata Kebun Kopi, Opsi Liburan Baru

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Kegiatan wisata kini udah banyak banget macamnya. Wisata sekarang ga cuma rekreasi kayak ke Dufan, Puncak, atau ke museum aja. Sekarang ada yang namanya eduwisata, gabungan antara edukasi dan wisata.

Contoh yang sudah ada adalah eduwisata kebun kopi. Kegiatannya cukup beragam mulai dari keliling kebun kopi sampai diajak ngulik segalanya tentang proses bikin kopi seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Keliling kebun

Buat kamu yang rajin ngopi di coffee shop, ini seru banget. Di kegiatan ini kamu bakal dijaka berkenalan sama jenis-jenis tanaman kopi, cara budidaya, perawatan kopi, sampai cara memetik kopi yang benar.

Pasca panen

Di kegiatan ini kamu bisa diajak ngerasain proses ngolah kopi mulai dari giling basah (wet hull) dan giling kering (dry hull). Kamu juga bakal tau ada banyak cara memproses kopi hasil dari turunan dua metode tadi.

Roasting kopi

Istilah roasting ini mungkin pernah kamu dengar waktu nongkrong di coffee shop. Di sini kamu bakal dikenalkan cara roasting kopi yang benar dan jenis profil roasting kopi.

Hilir

Mungkin bagian paling seru dari eduwisata kopi ada di bagian ini. Kamu bisa nyicip berbagai rasa kopi dan cara mengidentifikasinya mulai dari aroma, rasa, tingkat keasaman, body, dan after taste. Fase ini bisa jadi insight yang berguna banget terutama buat kamu yang punya cita-cita punya kedai kopi sendiri.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Trending
Event
Contact Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin