Gerakan Pendinginan yang Penting Dilakukan Setelah Olahraga

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Olahraga selesai, kalori udah terbakar, dan tentu perasaan pun jadi happy. Namun kamu jangan langsung berhenti ya karena masih ada yang namanya pendinginan. Itu penting banget buat balikin tekanan darah dan detak jantung kembali normal karena selama kamu berolahraga otomatis kedua hal tersebut akan meningkat.

Ketika kamu ga melakukan pendinginan, suhu tubuh bisa drop tiba-tiba yang mana nantinya bisa bikin kamu sakit dan bikin sia-sia olahraga yang udah kamu lakukan. Pendinginan makin penting buat kamu yang berniat berolahraga secara rutin. Ini beberapa gerakan pendinginan yang bisa kamu coba setelah berolahraga, Genks.

Seated Hamstring Stretch

Ambil posisi duduk dengan kedua kaki lurus ke depan. Setelah itu raihlah ujung ibu jari kaki oleh tangan dan tahan selama 15-30 detik. Lakukan lah beberapa kali sehingga pernapasan kamu terasa kembali normal.

Quad Stretch

Ambil posisi berdiri. Lalu angkat kaki kanan dan tahan dengan tangan kanan selama 30 detik. Selanjutnya lakukan secara bergantian dengan kaki kiri. Lakukan gerakan ini selama beberapa kali sehingga kaki kamu ga terasa pegal.

Arm Stretch

Mulai dengan posisi berdiri. Lalu busungkan dada ke depan dan tarik bahu ke belakang. Setelah itu angkat lengan kanan lurus ke atas lalu jatuhkan ke belakang. Ulangi gerakan ini dengan lengan kiri secara bergantian. Lakukan gerakan tersebut selama 30 detik dan ulangi beberapa kali sehingga bahu kamu terasa lebih lentur.

Sky Stretch

Berdiri dan angkat kedua lengan kamu ke atas setinggi mungkin lalu angkat kaki kamu sampai berjinjit. Tahan posisi tersebut selama 10-15 detik dan lakukan beberapa kali sampai kaki terasa lebih lentur dan ga tegang lagi.

Semua gerakan tersebut dilakukan agar otot yang tegang lebih rileks dan mencegah rasa sakit pada otot setelah berolahraga.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Trending
Event
Contact Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin