Gua-Gua yang Perlu Dijelajahi

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Gua-Gua yang Perlu Dijelajahi

Berwisata gua bisa jadi alternatif yang menarik buat Anda para pecinta liburan ekstrim. Gua di Indonesia begitu indah. Walau etaknya jauh ke dalam perut bumi, segala kesulitan mencapainya akan terbayarkan. Yuk, simak aneka gua yang bisa Anda sambangi di negeri tercinta ini.

Goa Jomblang

Goa Jomblang terletak di Gunungkidul, Yogyakarta. Daya tariknya adalah keindahan hutan di dasar goa. Konon, dahulu batuan serta tanah yang ditumbuhi pepohonan turun amblas ke dasar goa. Namun pohon-pohon tersebut tetap tumbuh subur bahkan terus meninggi.

Luweng Grubug

Luweng Grubug juga terletak di Gunungkidul, Yogyakarta. Di sini terdapat stalagmit-stalagmit yang beraneka bentuknya. Ketika mencapai ujung lorong jalan setapak, kita akan disambut oleh terangnya cahaya matahari masuk ke dalam goa.

Gua Buniayu

Gua di Sukabumi ini dipetakan oleh ahli goa Indonesia bekerjasama dengan Federasi Speleologi Perancis. Terdapat stalagtit, stalagmit, flowstones, garundam, serta berbagai bentuk motif gua. Aliran air dalam waktu lamalah yang membentuknya seperti ini.

Leang Pute

Gua Leang Pute di Sulawesi Selatan merupakan gua terdalam kedua di Indonesia. Kedalamannya mencapat 270 meter, jauh lebih dalam daripada tinggi Monumen Nasional di Jakarta. Saat menelusuri kedalaman gua menggunakan SRT, sensasi mendebarkan pasti Anda rasakan.

Salukang Kallang

Gua yang juga terletak di Sulawesi Selatan ini panjangnya mencapai 27 kilometer.  Bibirnya begitu tipis, hanya selebar 50 sentimeter sama dengan kedalaman 10 meter. Terdapat aneka bentukan alam seperti gordam, gordin, stalagtit, stalagmit, sodastraw, hingga goldstone. Di dasar gua juga terdapat sumber air yang dimanfaatkan warga sekitar.

Luweng Jaran Pacitan

Karena cukup ekstrim, kini hanya para caver profesional yang memasukinya. Untuk mencapainya, kita harus menuruni sumuran. Sesampainya di dasar, setidaknya 23 kilometer goa horizontal yang telah dipetakan menyambut Anda. Dasarnya yang memiliki lorong-lorong ini tidak ubahnya seperti labirin.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Event
About Us
Join Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin