Indonesia Punya Unicorn dan Decacorn Baru dari Bisnis Kopi dan Jasa Kurir

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Skena bisnis digital Indonesia menerima kabar baik yakni lahirnya unicorn dan decacorn baru. Kedua startup yang dapat status baru itu adalah Kopi Kenangan dan J&T Express.

Kabar baik itu kebetulan diumumkan hampir berbarengan. Kopi Kenangan dapat status unicorn berkat suntikan modal baru yang nilainya US$96 juta atau Rp1,3 triliun. Kebiasaan ngopi kamu di sana ngebantu mereka dipercaya investor di putaran pendanaan seri C mulai dari Tybourne Capital Management, Falcon Edge Capital, Kunlu, B Capital, dan Horizons Ventures.

Yang bikin keren lagi, Kopi Kenangan jadi startup di bidang F&B pertama tembus status unicorn di Indonesia juga Asia Tenggara. Siapa yang sangka kan jualan kopi gaul bisa disuntik modal sampai valuasinya tembus US$1 miliar atau Rp14 triliun.

Sementara itu, startup yang diumumkan mendapat status decacorn adalah J&T Express. Iya, itu loh perusahaan yang sering nganterin paket belanjaan online kamu.

Startup logistik yang berdiri pada 2015 itu punya valuasi sampai US$20 miliar atau sekitar Rp285 triliun! Dari catatan CB Insights, J&T Express bahkan udah di peringkat 16 sebagai startup dengan valuasi terbesar di dunia.

Oh iya, buat yang belum tau, unicorn itu sebutan untuk startup yang valuasi bisnisnya tembus US$1 miliar, sedangkan decacorn itu sebutan untuk mereka yang valuasinya tembus US$10 miliar. Indonesia sendiri udah punya beberapa unicorn kayak Tokopedia, Traveloka, Bukalapak, Xendit, Ovo, Ajaib, dan OnlinePajak. Untuk decacorn, ada Gojek yang jauh lebih dulu berstatus itu.

Keren banget ga sih pencapaian kedua startup tadi? Jadi sekecil apa pun bisnis kamu ga usah khawatir. Mau jualan kue, kopi, cemilan, bengkel, atau apa pun itu, pasti ada peluang untuk bisa sukses kayak yang udah dilakukan oleh kedua startup tadi.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Trending
Event
Contact Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin