Indonesia Surga Menyelam

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Indonesia Surga Menyelam

Memiliki luas laut 70 persen dari wilayahnya, menjadikan Indonesia surga bagi para penyelam. Terumbu karang yang beragam, biota laut yang melimpah dan endemik dapat dijumpai di negara ini.

Kepulauan Seribu, DKI Jakarta

Taman Nasional Kepulauan Seribu cocok untuk peselam pemula, bahkan sering dijadikan lokasi sertifikasi selam. Pulau Tidung, Pulau Pari, Pulau Pramuka dan Pulau Harapan selalu ramai oleh para penyelam.

Raja Ampat, Papua

Terumbu karangnya terjaga dan berwarna-warni, spesies ikannya juga bervariasi. Banyak penyelam ketagihan menyelam di sini, walau biaya yang dikeluarkan tidaklah kecil. Tak heran tempat ini sudah mendunia.

Kakaban, Kalimantan Timur

Di sini, terdapat danau purbakala yang menjadi rumah dari ubur-ubur langka yang tidak menyengat. Para penyelam suka mendatangi pulau ini, juga pulau di sekitarnya seperti Derawan, Maratua, dan Sangalaki. Hiu white tip dan hiu tutul jadi spesies yang ditunggu para penyelam.

Morotai, Maluku

Tidak seperti tempat menyelam lain yang terkenal akan keindahan alam bawah lautnya, Morotai terkenal akan sejarahnya. Di sini, banyak kapal karam bekas peninggalan Perang Dunia II. Pasti mendebarkan dan memberi sensasi seru.

Bunaken, Sulawesi Utara

Pulau Bunaken sudah termasyhur akan keanekaragaman bawah lautnya, bahkan sejak kegiatan menyelam belum populer. 70 persen spesies ikan yang ada di Indo-Western Pacific ada di sini. Bunaken juga menyimpan 390 spesies terumbu karang.

Sabang, Aceh

Kunjungi The Canyon yang merupakan struktur batu vulkanik bawah air. Ada juga Sophie Rickmers atau bangkai kapal sepanjang 134 meter yang tenggelam pada 1940, juga Arus Balee dengan arus lautnya yang kuat dan kaya soft coral.

Nusa Penida, Bali

Merupakan spot menyelam yang paling populer untuk mencari Manta Ray. Ada pula ikan mola-mola raksasa nan langka.

Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Wakatobi merupakan kepulauan yang terdiri dari pulau Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Terdapat sekitar 40 lokasi penyelaman di sini. Laut Wakatobi memiliki sekitar 750 jenis koral. Arus lautnya pun bersahabat.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Trending
Event
Contact Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin