Ini 3 Alasan Laptop Harus Dimatikan dengan Benar

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Mungkin di antara kamu ada yang punya kebiasaan menutup laptop (sleep mode) tiap selesai pakai. Emang cara kayak gitu enak ga perlu nunggu lama proses shut down selesai, tapi perlu diinget cara itu justru bisa bikin banyak masalah untuk laptop kesayangan kamu.

Kenapa bikin laptop ke mode sleep jadi dianggap kebiasaan jelek dalam menggunakan laptop? Sebab menidurkan laptop itu artinya semua file, software, dan data lain disimpan ke dalam RAM. Ketika kamu milih mode sleep, semua komponen laptop kamu itu mati kecuali RAM. Nah seenggaknya ada 3 hal krusial yang bisa bikin laptop kamu jadi menyebalkan gara-gara kebiasaan pake mode sleep.

Laptop Jadi Lemot

Ada dua hal yang bisa menyebabkan laptop kamu jadi lebot dari kebiasaan pilih sleep mode terus. Pertama, laptop yang jarang mati memaksa listrik tetap berjalan sehingga boros energi. Kedua, jarang matiin laptop bikin prosesor cepat capek membaca data yang banyak banget di laptop. Makanya rajin-rajin bersihin data yang udah ga dipakai, ya!

Bisa Merusak Hardware

Maksa laptop terus menerus dalam keadaan tertidur artinya hardware laptop belum benar-benar beristirahat. Dengan kata lain, CPU ga berhenti bekerja yang akhirnya bikin laptop cepat panas, cepat aus, serta bikin debu numpuk.

Rawan Virus dan Ga Aman

Laptop yang ga ada matinya cenderung membuat keamanannya ga aman. Pertama ga aman dari serangan virus atau malware. Kedua, rentan dari orang-orang ga bertanggung jawab yang bisa akses atau mengintip isi laptop kamu. Makanya sebagai pencegahan mending matikan laptop kamu ketika udah selesai dipakai.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Trending
Event
Contact Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin