Ini 3 Profesi yang Paling Banyak Dicari di Era Big Data

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Kalian pasti sadar saat ini bisnis di platform digital sudah banyak banget. Bahkan jajanan pinggir jalan pun sekarang mulai banyak yang pakai pembayaran QRIS sehingga kita ga bayar tunai lagi.

Ga heran ya soalnya dunia kita sudah makin terhubung berkat internet yang kian cepat dan murah. Bisnis pun demikian. Kebutuhan mencari, mengolah, dan memanfaatkan data jadi lebih besar sekarang. Makanya bermunculan profesi-profesi yang khusus ngurusin hal itu. Seenggaknya ada tiga profesi terkait data yang sekarang lagi dibutuhkan banyak perusahaan.

1. Data Analyst

Untuk kamu yang kepincut dengan profesi terkait data, Data Analyst bisa jadi pilihan kamu. Soalnya profesi ini ga butuh skill set serumit dua profesi lain. Yang dibutuhkan adalah jago menganalisis, menarik kesimpulan, dan memvisualisasikannya agar bisa dibaca semua orang.

Alat yang akan banyak dibutuhkan seorang Data Analyst ga jauh dari Excel, Tableau, SQL, atau lainnya. Makanya Data Analyst seenggaknya menguasai statistik dan jago berkomunikasi.

2. Data Scientist

Biasanya mereka yang sudah berpengalaman sebagai Data Analyst kariernya akan lanjut sebagai Data Scientist. Profesi ini termasuk yang paling seksi di era big data karena perannya krusial. Tugasnya mulai dari mencari insight yang bermanfaat dari data yang sangat banyak, mengolahnya dengan tool khusus, dan banyak lagi. Bisa dibilang Data Scientist bertugas mengolah bahan baku menjadi material yang siap diproduksi.

Data Scientist wajib paham tentang ilmu komputer, database, dan juga bisnis agar bisa mengoptimalkan sebuah produk sehingga memperbaiki kinerja perusahaann.

3. Data Engineer

Profesi Data Engineer ga kalah penting dengan dua sebelumnya karena dia yang menyiapkan bahan baku. Itu karena mereka tugasnya mencari, merapikan, dan mengumpulkan data menjadi database yang berguna bagi Data Scientist dan Data Analyst.

Makanya ga heran profesi ini wajib banget jago dalam ilmu komputer, machine learning, dan arsitektur data.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Event
About Us
Join Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin